Gempita Bulan Bahasa SMA Negeri 11 Semarang 

Bulan Oktober kita kenal sebagai bulan Sumpah Pemuda. Salah satu kalimat dalam Sumpah Pemuda yaitu “Pemuda Indonesia yang menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia”. Untuk itu, masyarakat Indonesia patut bangga terhadap bahasa persatuan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perayaan bulan bahasa hampir di seluruh penjuru negeri. SMA Negeri 11 Semarang sebagai salah satu sekolah di kota Semarang juga ikut merayakan bulan bahasa tahun 2023 dengan mengusung tema “Gempita bulan bahasa SMA Negeri 11 Semarang”.

Perayaan bulan bahasa ini diselenggarakan oleh Perpustakaan SMA Negeri 11 Semarang yaitu “Lentera Ilmu” yang memiliki slogan “Memeluk pengetahuan melalui buku”. Berbagai lomba diselenggarakan untuk memeriahkan bulan bahasa di SMA Negeri 11 Semarang, di antaranya yaitu lomba mini vlog untuk siswa kelas X, lomba deklamasi puisi untuk siswa kelas XI, serta lomba drama monolog untuk siswa kelas XII. Melalui penjurian yang telah dilaksanakan, akhirnya terpilih sebagai pemenang lomba mini vlog dari kelas X-6 sebagai Juara 1, kelas X-5 sebagai Juara 2, dan kelas X-8 sebagai Juara 3. 

Pada kategori lomba Deklamasi Puisi sebagai Juara 1 atas nama Fildzah Hayyu Alfitri dan Nabila Putri Danis Ara dari kelas XI-B. Juara 2 atas nama Mayga Lucky Patricia dari kelas XI-A1. Juara 3 atas nama Ricken Great E.S dari kelas XI-E2. Sementara pada kategori lomba Drama Monolog Juara 1 dari kelas XII MIPA-1 dengan judul Rintangan Kecil, Juara 2 dari kelas XII MIPA-7 dengan judul Mimpi, dan Juara 3 dari kelas XII IPS-1 dengan judul Pendidikan.

 Kepala Perpustakaan SMA Negeri 11 Semarang, Rita Emiliya, S.Pd., Gr mengungkapkan bahwa lomba ini dilaksanakan tidak hanya sekedar untuk memperingati 95 tahun Sumpah Pemuda, tetapi juga untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, memelihara semangat, dan meningkatkan persatuan Indonesia sebagai sebuah bangsa besar yang sehat serta meningkatkan kreativitas siswa dan tentunya untuk lebih mencintai bahasa Indonesia. “Intinya kami senang karena ini event pertama di SMA Negeri 11 Semarang dan mendapat anemo ataupun antusiasme anak-anak yang sungguh diluar ekspektasi, ini lebih dari yang saya kira.  Kedepan harapannya kegiatan dapat berjalan lebih baik dan meriah sehingga menjadi agenda rutin tahunan di SMA Negeri 11 Semarang.” Tutur Perempuan kelahiran Kendal tersebut.

 Kepala SMA Negeri 11 Semarang, Rr. Tri Widiyastuti, S.Pd menyampaikan apresiasi atas kegiatan bertajuk gempita bulan bahasa yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Lentera Ilmu SMA Negeri 11 Semarang. Terima kasih kepada para pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini mulai dari siswa, bapak ibu guru dan karyawan terutama Kepala Perpustakaan yang telah menginisiasi kegiatan ini. “Selamat kepada para pemenang, kedepan semoga tetap bisa terlaksana kegiatan yang sangat bermanfaat ini dalam menyemarakkan peringatan Sumpah Pemuda agar menjadikan SMA Negeri 11 Semarang Semakin TANGGUH,” ujar Tri Widiyastuti.

Penulis : Johan Tri Bayuntoro, S.Pd., M.Pd. Tim Humas SMAN 11 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.