Kajian Akbar SMAHA : Bersama Habib Rifky Alaydrus Siap Hadapi Transformasi Digital

Kamis, 2 November 2023, SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) menggelar kajian akbar. Kegiatan ini merupakan salah satu proker ROHIS SMAHA yang rutin diadakan setiap tahun. Sebanyak kurang lebih 1000 tamu undangan dari dalam maupun luar SMAHA hadir dalam majelis ini. 

Acara dibuka dengan hadroh El Hida (tim hadroh Hidayatullah). Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran dari siswa SMAHA, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. R.M. Hadyandra Dhani selaku ketua Rohis SMAHA mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak yang mendukung dalam acara ini. “Semoga melalui kajian ini kita semua dapat menambah ilmu tentang keislaman. Selain itu, kita juga bisa lebih bijak dalam menghadapi transformasi digital”, tambah Hadyandra.

Kajian kali ini menghadirkan pembicara nasional asal Jawa Barat  yaitu Habib Rifky Alaydrus. Beliau  terkenal dengan dakwahnya yang viral di medsos. Mengangkat tema “Iman dan Takwa Self Defence Hadapi Transformasi Digital”, Habib Rifky mengajak seluruh jamaah untuk dapat meningkatkan iman dan takwa. “Transformasi digital ibarat mata pisau, bisa membawa keberkahan maupun kehancuran bagi kita semua. Untuk itu, kita sebagai orang tua maupun pendidik memiliki kewajiban untuk mengarahkan anak-anak kita dalam pemanfaatan transformasi digital. Lunakkan hati anak dengan cara  peganglah dada anak dan bacakan surah Al Insyirah. Iman dan takwa letakkan dalam hati agar seseorang bisa menjaga akal”, tambah Habib.

Habib Rifky memberikan tips cara mendidik anak yang baik yaitu pertama ajak anak untuk mengobrol, jauhkan gadget saat sudah di dalam rumah. Kedua, bedakan cara mendidik anak laki-laki dengan perempuan jika laki-laki lebih mengedepankan akal sedangkan perempuan lebih mengedepankan hati. Beliau menutup kajian dengan mengajak para jamaah berdoa untuk saudara di Palestina.

“Maasya Allah alhamdulillah kajian ini sangat bermafaat memberikan pencerahan bagaimana mendidik anak di era digital ini. Saya ikut merasa senang karena banyak sekali jamaah yang menghadiri kajian ini”, tutur Bunda Ninik, wali murid dari kelas X-3.

Pelaksanaan kajian akbar ini juga melibatkan otang tua murid yang tergabung dalam MTH (Majelis Taklim Hidayatullah) serta beberapa sponsor.

;”>Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.