BPJS Kesehatan Adakan Sosialisasi Program Skrining Riwayat Kesehatan

Semarang, 27 Oktober 2023 – Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan fokus pada deteksi dini penyakit Diabetes Melitus, Hipertensi, Ginjal Kronik, dan Jantung Koroner, BPJS Kesehatan telah mengembangkan program promotif preventif. Program ini memanfaatkan Skrining Riwayat Kesehatan (SRK) melalui kuesioner online sebagai alat untuk mendeteksi risiko terhadap penyakit-penyakit tersebut.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, BPJS Kesehatan telah mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai pelaksanaan Skrining Riwayat Kesehatan (SRK) kepada guru dan siswa-siswi Kelas X, XI, dan XII di Wilayah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I dan II. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada Kamis, 26 Oktober 2023, dan Jumat, 27 Oktober 2023.

Guru dan perwakilan siswa SMKN 10 Semarang mengikuti sosialisasi pada hari pertama, Kamis, 26 Oktober 2023,  di ruang CBT (Computer-Based Testing) SMKN 10 Semarang. Bapak Ardan Sirodjuddin, Kepala SMKN 10 Semarang, sangat mendukung acara sosialisasi ini. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk pencerahan kepada guru dan siswa mengenai pentingnya deteksi dini penyakit-penyakit yang berpotensi berbahaya.

Peserta sosialisasi, yang terdiri dari guru dan siswa SMKN 10 Semarang, diberikan pemahaman yang mendalam mengenai program SRK yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Mereka diberikan informasi tentang cara mengisi kuesioner online dan bagaimana hasil dari skrining riwayat kesehatan ini akan membantu dalam mendeteksi risiko penyakit.

Dengan kegiatan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya deteksi dini penyakit dan menjadi lebih proaktif dalam menjaga kesehatan mereka. BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan JKN dan memperluas cakupan pelayanan skrining kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan berkualitas.

Penulis : Helmi Yuhdana, S.Pd, MM, Waka Kesiswaan SMKN 10 Semarang