PEMILOS SMAN 11 Semarang sebagai Sarana Pembelajaran Demokrasi di Sekolah

Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua OSIS (Pemilos) SMA Negeri 11 Semarang periode 2023/2024 dilakukan dengan sistem pemungutan suara. Kegiatan tersebut dilakukan secara langsung oleh  seluruh warga sekolah di lapangan utama SMA Negeri 11 Semarang. Pemilihan ketua OSIS SMA Negeri 11 Semarang merupakan porgram kerja dari MPK SMA Negeri 11 Semarang yang dilaksanan pada Senin, 23 Oktober 2023. 

Pemilihan diadakan  menggunakan prinsip demokrasi, seperti dalam pemilihan presiden atau kepala daerah di Indonesia.  Seluruh warga sekolah mulai dari guru, karyawan, dan seluruh siswa diberikan kesempatan untuk melaksanakan pemilihan calon ketua OSIS dengan  cara datang langsung ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang disediakan. Panitia dalam hal ini MPK SMA Negeri 11 Semarang menyediakan 3 TPS dan terdapat panggung utama untuk hiburan di sela-sela kegiatan pemilihan ketua OSIS.

Achmad Muchid, S.Pd., selaku pembina OSIS menuturkan bahwa Pemilos sendiri merupakan agenda tahunan yang dilakukan untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024 di SMA Negeri 11 Semarang. Kegiatan ini juga merupakan salah satu  penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di lingkungan sekolah. Setelah serangkaian kegiatan ini, para siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk bernalar kritis dan juga berkebhinekaan global dan menerima segala bentuk perbedaan yang menjadikan suatu kesatuan yang adil aman dan kondusif terutama dalam pembelajaran demokrasi ini,” ungkap Muchid. 

Pada hari H, pelaksanaan pemilihan ketua OSIS (Pemilos) SMA Negeri 11 Semarang setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta debat calon ketua OSIS dan calon wakil ketua OSIS. Ketiga pasangan yaitu 1. Nabila Danish Ara dan Ariel Prayoga; 2. Fildzah Hayyu dan Aurellia Kayyisa serta 3. Claresta Wahyu dan Yafet Surya dengan dipandu moderator Ibu Rita Emiliya, S.Pd dan 3 panelis yang akan memberikan beberapa pertanyaan sebelum prosesi pemilihan dilakukan yaitu Ardian Wahyu Nirmala, S.Psi., Sita Arundina, S.Pd dan Nanik Yuliatun, S.Pd.

Pelaksanaan pemungutan suara dilakukan secara bertahap dari setiap kelas untuk memasuki TPS yang disediakan. Saat memasuki TPS para pemilih khususnya siswa wajib menyerahkan surat undangan yang telah diberikan oleh panitia sehari sebelum proses pemilihan. Setelahnya mereka wajib mengisi daftar hadir, melakukan pencoblosan, dan terakhir mencelupkan jari kelingking pada tinta sebagai bukti sudah melakukan proses pencoblosan dalam kegiatan pemilihan ketua OSIS (Pemilos) SMA Negeri 11 Semarang.

Setelah proses pemungutan suara selesai dilakukan, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi penghitungan suara. Berdasarkan hasil penghitungan suara, pasangan calon ketia dan wakil ketua OSIS nomor urut 1 yakni Nabila Danish Ara dan Ariel Prayoga berhasil meraih suara terbanyak dan kemudian ditetapkan sebagai pasangan ketua dan wakil ketua OSIS terpilih. 

Kepala SMA Negeri 11 Semarang, Rr. Tri Widiyastuti, S.Pd., menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang digagas oleh MPK SMA Negeri 11 Semarang. “Selamat atas terpilihnya Nabila Danish Ara dan Ariel Prayoga sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMA Negeri 11 Semarang periode 2023/2024, semoga dapat menjalankan amanah dengan baik dan mampu membawa OSIS SMA Negeri 11 Semarang menjadi lebih baik lagi serta bersinergi dalam mensukseskan program kerja sekolah,” ujar Tri Widiyastuti.

Penulis : Johan Tri Bayuntoro, S.Pd., M.Pd. Tim Humas SMAN 11 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.