SMAHA Adakan LDK PMR

Sabtu, 4 November 2023, PMR SMAHA mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan. Mengangkat tema  “Menggali Potensi, Tingkatkan Kemampuan Membangun Jiwa Kepemimpinan” kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan kepada para calon peserta bahwa ini adalah awal dari dasar kepimpinan yang ada di dalam diri mereka.

LDK dikhususkan untuk siswa kelas 11. Acara ini diadakan di ruang meeting pukul 07.00 – 17.00 WIB.  Kegiatan ini diadakan di ruang meeting. LDK ini diisi dengan materi materi dasar seperti materi leadership, materi kepalangmerahan, materi perawatan keluarga, dan materi P3K. Dalam kegiatan ini, peserta LDK juga mengikuti praktik  perawatan keluarga(PK) dan praktik P3K.

Kegiatan diawali dengan tilawah Al Quran oleh Farhan Abdillah dan Kamilah Nariswari. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Sri Widayati, S.Pd. (Waka Kesiswaan) dan Pak Alfan Jazli, S.Pd., (Pembina PMR). Selanjutnya materi disampaikan oleh Mas Surya (Perwakilan dari PMI). Materi yang disampaikan adalah materi kepalangmerahan dan materi perawatan keluarga. Selain materi, Mas Surya juga  mengajak peserta LDK untuk mengganti selimut kepada pasien serta membantu BAK dan BAB.

Saat siang hari,  panitia melakukan games yang bertema tepuk nyamuk. Jika peserta salah dalam melakukan instruksi di games tersebut, maka akan dikenakan hukuman maju kedepan untuk menyanyikan balonku ada lima tetapi hanya menggunakan huruf vokal “O”. Setelah itu acara dilanjutkan dengan kedatangan anggota PMI Semarang yang memberikan edukasi seputar bagaimana kalau menemukan seorang teman yang melakukan bunuh diri, bagaimana cara mengatasinya,apa yang dilakukan selanjutnya, dan lain-lain. Selanjutnya para anggota PMI Semarang membuat kelompok pada siswa LDK dan melakukan praktik memasang mitela untuk menutup pendarahan di arteri,serta yang terakhir para siswa diminta  belajar cara untuk menggunakan tandu.

Kegiatan ditutup dengan kegiatan tukar kado. Tujuannya untuk mempererat hubungan antar anggota calon pengurus PMR dan panitia kegiatan.

Penulis : Haidar Muhammad Zahid. Siswa SMA Islam Hidayatullah.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.