Tangis Haru Warnai Sertijab OSIS SMAHA

10 November 2023, bertepatan dengan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional, pagi itu SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) menggelar acara Sertijab (Serah Terima Jabatan) Pengurus OSIS masa bakti 2022-2023 untuk dilanjutkan kepengurusannya oleh OSIS 2023-2024. Hilir mudik pengurus OSIS menyiapkan segala perlengkapan upacara. Di ruang OSIS pun tidak kalah sibuknya. Petugas upacara menyiapkan diri mengenakan kostum sebagai petugas upacara. Siswa satu dan lainnya bantu-membantu mengenakan kaos tangan, penutup dada, memasang pin garuda, dan lain-lain. Peserta upacara mulai turun ke lapangan, dari kelas X hingga kelas XII. Mereka berbaris rapi menghadap ke arah barat. Disusul barisan para guru menghadap ke arah timur.

Tidak lama kemudian, protokol upacara mengucapkan suara lantangnya, “Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional dan Serah Terima Jabatan OSIS SMA Islam Hidayatullah Semarang segera dimulai.” Rangkaian upacara pun dimulai. Hingga akhirnya Bu Luthfiyatin Inayah, S.Pd.I., selaku pembina OSIS membacakan SK pemberhentian pengurus OSIS (2022-2023) dan pengangkatan pengurus OSIS (2023-2024). Berikutnya tampak barisan pengurus OSIS yang akan purna tugas memasuki lapangan upacara. Tampak rapi dan gagah mengenakan jas OSIS, mereka berjalan kompak dari arah utara menuju ke tengah lapangan upacara. Dua siswa berada di baris paling depan membawa bendera merah putih dan bendera OSIS. Pada waktu yang sama, dari arah selatan barisan pengurus OSIS yang akan dilantik menuju pula ke tengah lapangan. Pengurus lama dan baru berdiri berhadapan.

Acara selanjutnya adalah penandatangan SK Kepala Sekolah. Bu Etik Ningsih, S. Pd. (Kepala SMAHA), Bu Sri Widayati (Waka Kesiswaan), dan Bu Luthfiyatin Inayah, S.Pd.I (Pembeina OSIS), Lilyana Naziha (Ketua OSIS 2022-2023) didampingi Hasan Tsabit Azzumar (Wakil Ketua OSIS 2022-2023), Salma Fauzia Nuha (Ketua OSIS 2023-2024) didampingi Nibras Rayyan Al-Kautsar Raharjo (Wakil Ketua OSIS 2023-2024 maju ke depan dan bergantian menandatangani SK tersebut.

Usai pendatanganan SK, Lilyana selaku Ketua OSIS purna tugas melepas jas OSIS kemudian menyerahkan kepada Bu Etik. Bu Etik pun menerimanya dan mengenakannya kepada ketua OSIS baru. Hal yang sama juga dilakukan oleh pengurus OSIS lama yaitu melepas jas OSIS dan mengenakannya kepada pengurus OSIS baru. Isak tangis pun tak bisa dibendung lagi. Perasaan bahagia bercampur bangga, sekaligus terharu karena telah purna terlihat pada pengurus OSIS yang meneteskan air mata. Peserta upacara baik guru maupun siswa kompak bertepuk tangan sebagai wujud apresiasi kepada para pengurus OSIS baik yang purna tugas maupun yang baru.

Bu Etik secara resmi kemudian melantik pengurus OSIS yang baru serta memberikan pesan-pesan penting. Akhir acara, Lilyana menyampaikan pidatonya, “Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kerjasama seluruh Bapak Ibu guru dan teman-teman semua yang telah mendukung program kegiatan OSIS. Selain itu kami juga mohon maaf apabila dalam melaksanakan tugas, ada perkataan dan perbuatan kami yang kurang berkenan di hati Bapak Ibu serta teman-teman sekalian.” Liliyana juga memberikan motivasi dan harapan semoga kepengurusan OSIS selanjutnya bisa lebih baik dan kegiatan-kegiatan OSIS semakin baik dan berdampak positif bagi warga sekolah.

Penulis : Nunung Kusumawati, M.S. Guru SMA Islam Hidayatullah.