Pelatihan Manajemen Kepala Sekolah Angkatan 2 : Rencana Tindak Lanjut

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd., terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan dan manajemen di lingkungan sekolahnya. Pada Jumat, 10 Nopember 2023, beliau mengikuti Pelatihan Manajemen KS Angkatan 2 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan melalui platform Zoom sejak pukul 07.30 WIB.

Pelatihan kali ini fokus pada Rencana Tindak Lanjut, suatu aspek penting dalam manajemen yang dapat memberikan arah jelas dalam mencapai tujuan dan hasil yang diinginkan. Rencana tindak lanjut  adalah salah satu bentuk metode pendekatan efektif dalam proses  perencanaan dan pembangunan partisipatif. Ibu Dian Fajarwati dan Fety Marhayuni, sebagai narasumber dari BBGP, memandu peserta untuk memahami konsep Rencana Tindak Lanjut dan menerapkannya secara efektif dalam konteks Manajemen Kepala Sekolah.

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah agar peserta, termasuk Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd. mampu menyusun rencana tindak lanjut dengan baik. Dalam konteks Manajemen Kepala Sekolah, keahlian ini menjadi krusial dalam memastikan keberlanjutan dan efektivitas program-program sekolah.

Bapak Ardan Sirodjuddin berharap, “ Semoga setiap peserta, termasuk saya sendiri, dapat memahami pentingnya rencana tindak lanjut. Kesadaran akan peran penting rencana tindak lanjut sebagai instrumen untuk mencapai program pelaksanaan dengan sukses. Kemudian mampu menyusun rencana tindak lanjut dengan baik, seperti terampil dalam merinci langkah-langkah konkret dan implementasi rencana tindak lanjut. Menerapkan hasil pelatihan dalam kepemimpinan sehari-hari sehingga mampu untuk mengintegrasikan konsep-konsep yang dipelajari ke dalam kebijakan dan keputusan sehari-hari di lingkungan sekolah”. Ujar Bapak Ardan biasa dipanggil.

Selanjutnya beliau percaya bahwa dengan menyusun rencana tindak lanjut yang baik, segala bentuk perencanaan dapat dilakukan secara terstruktur hingga mencapai program pelaksanaan dengan sukses. Hal ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi kemajuan SMKN 10 Semarang.

Melalui keterlibatannya dalam pelatihan ini, Bapak Ardan Sirodjuddin menunjukkan komitmen dan semangatnya untuk terus mengembangkan diri dan membawa SMKN 10 Semarang menuju tingkat keunggulan yang lebih tinggi dalam dunia pendidikan.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum., Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang

Editor: Tim Humas SMKN 10 Semarang