Siap Lebih Dini, Memilih Perguruan Tinggi melalui Campus Day Attachment 

Dalam rangka memfasilitasi persiapan studi lanjut kelas XII, SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) melaksanakan kegiatan Campus Day Attachment (CDA), Selasa (21/11/23). Tujuan CDA kali ini adalah Fakultas Ekonomika dan Bisnis untuk siswa jurusan IPS dan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro untuk siswa jurusan MIPA. 

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap semester ini merupakan program pembelajaran luar kelas bagi kelas XII berupa kunjungan ke PTN atau PTS favorit. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan terkait studi lanjut di perguruan tinggi. Selain itu, juga untuk memberikan motivasi pada para siswa agar mampu menentukan pilihan studi lanjut secara tepat. 

“Dengan adanya CDA ini, sekolah berharap para siswa bisa mendapatkan gambaran atau referensi lengkap terkait studi lanjut di Fakultas Ekonomi dan Bisnis,” ungkap Ibu Etik Ningsih, S.Pd. selaku Kepala SMA Islam Hdayatullah saat memberikan sambutan di FEB. 

Lebih lanjut Bu Etik juga berharap para siswa dapat merencanakan, menetapkan, dan memantapkan pilihan jurusan PTN lebih awal sesuai dengan bakat dan minatnya. Selain itu, para siswa juga diharapkan dapat mengenal lebih dekat kampus impian mereka.

Kedatangan para siswa dan guru pembimbing disambut hangat oleh civitas akademika baik di Fakultas Kedokteran, maupun di Fakultas Ekonomika dan Bisnis. 

Selama kegiatan berlangsung para siswa mendapatkan gambaran lengkap tentang jurusan, program studi, fasilitas, dan semua hal terkait dengan Fakultas Kedokteran atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Para siswa juga mendapatkan penjelasan tentang jalur masuk Undip, daya tampung, dan rasio pendaftar pada tahun 2022. 

“Rasio masuk Undip saat ini sangat tinggi sehingga perlu adanya doa, ikhtiar, dan belajar yang sungguh-sungguh,” pesan Bapak R.M. Endhar Priyo Utomo, S.S., M.I..Kom, selaku Supervisor of Academic & Stubent Affairs kepada para siswa. 

“Saat ini Undip menerima mahasiswa melalui beberapa jalur seleksi yakni SNBP, SNBT, SBUB, IUP, dan jalur Mandiri. Khusus prestasi keagamaan, Undip juga menerima para hafidz atau hafidzoh yang sudah hafal minimal 20 juz,” jelas Bapak Endhar Priyo saat ditanya salah satu siswa terkait jalur prestasi di Undip.

Kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar. Para siswa juga terlihat antusias mengikuti setiap sesi kegiatan, apalagi saat diajak berkeliling melihat laboratorium dan masuk di perpusatakaan digital kampus.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini karena dapat mengenal lebih jauh tentang FEB dan yang seru lagi saya bisa diajari langsung tentang saham oleh kakak mahasiswa FEB di Blommberrg Financial Markets Laboratory FEB,’ ujar Kania, siswi kelas XII IPS 2 dengan antusias.

Semoga kegiatan CDA ini memberikan motivasi kepada siswa kelas XII SMA Islam Hidayatullah dalam menempuh studi lanjut sesuai dengan impian, bakat, dan minat mereka. Aamiin.

Penulis : Suwarni, M.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.