Siswa SMAHA Terpilih sebagai Green Ambassador Indonesia 2023

Elshandy Samudra Virgianto, siswa kelas X-2 SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) akhirnya masuk 20 besar dan diwisuda serta dikukuhkan langsung sebagai Green Ambassador Indonesia oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. pada 16 November 2023 di KPH Perhutani Kuningan dan Gedung Manggala Wanabakti Jakarta.

Penyelenggara kegiatan ini adalah Green Youth Movement (GYM). GYM merupakan program pendidikan dasar gerakan lingkungan hidup bagi para generasi muda yang diinisiasi Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan (LHK) dan Institut Hijau Indonesia. Peserta GYM dari area Kota Semarang mengikuti proses pendidikan di BPDAS Pemali Jratun Banyumanik Semarang secara offline. Seluruh peserta GYM tahun 2023 diikuti sebanyak 1979 siswa SMA se-Indonesia. Mereka melakukan pendalaman orientasi tentang lingkungan dan kehutanan dari bulan Agustus hingga akhirnya tersaring menjadi 20 peserta terbaik di bulan November 2023 yang dikukuhkan dan diwisuda sebagai Green Ambassador Indonesia.

“Alhamdulillah, saya bisa melewati seluruh pendidikan serta tantangan yang diberikan oleh GYM. Selama proses pendidikan tersebut terdapat beberapa tahapan seleksi. Seluruh peserta sejumlah 1979 siswa diseleksi menjadi 100 besar terbaik kemudian diseleksi lagi menjadi 30 besar terbaik. Peserta 30 besar terbaik ini diberi tantangan membuat esai tentang lingkungan dan mempresentasikannya di depan para juri. Atas izin Allah saya dimudahkan masuk 20 besar terbaik,” ujar Elshandy menceritakan proses pendidikan dan seleksi.

Etik Ningsih, S.Pd. selaku Kepala SMAHA mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas prestasi yang diraih oleh Elshandy. “Semoga ilmu dan prestasi yang diraih ananda Elshandy sebagai Green Ambassador ini menjadi motivasi untuk berpartisipasi aktif terutama dalam menggerakkan kepedulian lingkungan siswa di sekolah,” imbuhnya.

 

Penulis : Nunung Kusumawati, M.S. Guru SMA Islam Hidayatullah.