SMKN 4 Semarang adakah Workshop Penguatan Pembelajaran Melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Berdasarkan Program Kerja SMKN 4 Semarang Bidang Sarana dan Prasarana dan Ketenagaan maka pada hari Rabu tanggal 22 November 2023, bertempat di Aula Utama SMKN 4 Semarang, pukul 07.45 sampai dengan 13.00 WIB terselenggara acara workshop Pengautan Pembelajaran Melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Acara yang dikemas dalam agenda worksop sebagai upaya SMKN 4 Semarang meningkatkan mutu pelayanan pendidikan kepada siswa dengan meningkatkan kualitas guru melalui Platform Merdeka Mengajar dimana didalam Platform tersebut Para Guru dapat Belajar, Mengajar dan Berkarya.

Adapun rundown acara dimulai dengan sambutan dan paparan Kepala SMKN 4 Semarang Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si. mengupas tentang penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai salahsatu aplikasi yang telah dikeluarkan oleh Kemendikbidristek.

Acara dilanjutkan dengan paparan paparan materi oleh Berty Sagendra,S,Pd,.M.Si selaku Wakil Kepala SMKN 4 Semarang Bidang Sarana dan Prasarana dan Ketenagaan memaparkan materi tentang pembelajaran berkolaborasi Lintas Mapel, dengan bersinerginya guru-guru antar mapel dalam sebuah projek akan menyederhanaan beban siswa baik dalam assessment maupun pelaksanaan sehingga kualitas pembelajaran sesuai dengan bidang keahlian dimasing-masing dapat dioptimalkan pemanfaatannya. Acara berikutnya penjelasan dari Wakil Kepala SMKN 4 Semarang Bidang Kurikulum Koman Wastito Edi Wibowo,S.Pd,M.Si. tentang pelaksanaan Kurikulum Operasional Sekolah serta membahas Pelaksanaan UKK dan assessment sumatif akhir tahun semester ganjil tahun 2023.

Acara dilanjut dengan paparan materi oleh Ice Faulia,S.Pd,M.Si selaku Wakil Kepala SMKN 4 Semarang tentang Optimalisasi PMM, dimana PMM dibangun untuk menunjang Implementasi Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensu,inspirasi dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. PMM ini sudah diselenggarakan seri sosialisasi oleh Kemendikbudristek dalam Seri Merdeka Belajar Episode 15 tentang Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar Adapun pada bagian kegiatan belajar Mengajar terdapat menu Assesmen murid, Perangkat Ajar, Capaian Pembelajaran(CP) sedangkan pada menu Pengembangan Diri terdapat bebrapa menu antara lain Pelatihan Mandiri, Komunitas, Uji Kompetensi dan Seleksi Kepala Sekolah dan Refleksi Kompetensi sedangkan dalam Mencari dan berbagi Inspirasi terdiri dari Vdeo Inspirasi, Bukti Karya, serta Kumpulan Konten Unggulan. Dalam acara tersebut dijelaskan bagaimana menyelesaikan topik- topik dalam PMM dan bagaimana menyelesaikan topik sehingga mendapaatkan sertifikat, memaparkan juga bagaimana jika aksi nyata kita belum divalidasi.

Acara dilanjut dengan Diseminasi Pengimbasan Materi School Leadership Workshop (SLW) Kemendikbudristek Kerjasama dengan National Institute Of Education (NIE) Singapura yang disampaikan Oleh Ice Faulia,S.Pd,.M.Si sebagai wakil dari Kota Semarang dalam Workshop School Leadership Batch 7 Run 13 sebagai Rencana Tindak Lanjut Pengimbasan Materi ynag telah didapat pada workshop Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah. Dengan mengenalkan materi utama SLW antara lain bagaimana guru sebagai pemimpin pembelajaran mampu menerapkan Kepemimpinan Tangguh (Leading Resilience)m Kepemimpinan Perubahan (Leading Change), Kepemimpinan Strategi (Leading Strategically) serta Kepemimpinan Inovasi (Leading Innovation), Penerapan kepemimpinan tersebut dikaitkan dengan Pemanfaatan PMM sebagai aplikasi baru yang menantang, dan menciptakan kebiasaan baru sehingga para guru tangguh, berinovasi, menerapkan perencanaan strategi juga para guru dapat meningkatkan inovasi dalam pembelajaran kurikulum merdeka.

Antusias para guru SMKN 4 Semarang dalam mengahadapi tuntutan peningkatan kualitas dalam memberikan layanan kepada siswa menunjukkan bahwa para guru berada pada Growh Mindset yaitu Mindset Bertumbuh atau Pola Pikir Bertumbuh dengan semangat dan berpositif thinking dalam menyikapi suatu tantangan dalam perubahan kurikulum dengan reaksi positif serta tindakan positif dalam menyelenggarakan pendidikan yang berpihak pada siswa

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom