Pelatihan TIK untuk Pembelajaran 2023: Transformasi Pendidikan Melalui Teknologi Inovatif

Solo, 24 November 2023 – Hotel Sahid Jaya menjadi pusat pelaksanaan Pelatihan Pendayagunaan TIK untuk Pembelajaran Tahun 2023 Angkatan III yang digelar oleh BPTIK Dikbud Jateng. Acara yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 November 2023 ini menghadirkan serangkaian materi inovatif bagi para peserta.

Dalam pelatihan disampaikan materi tentang penyusunan bahan ajar berbasis video animasi yang dikemas dengan apik oleh narasumber dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah, Bambang Budiharso, S.Kom. Peserta mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana membuat ide cerita, script, storyboard, produksi aset, membuat animasi, hingga produksi materi pembelajaran yang kreatif dan menarik melalui media video animasi dengan mengkombinasikan Canva for Education dan beberapa referensi video editor.

Salah satu fokus utama pelatihan adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran melalui adopsi teknologi kecerdasan buatan. Peserta diberikan pandangan mendalam tentang bagaimana integrasi kecerdasan buatan dapat membuka pintu inovasi dalam proses pembelajaran. Inovasi pembelajaran terus diperkuat dengan materi oleh Narasumber dari PT Cipta Gadhing Artha Jakarta Raya, Rima Artha, M.Pd dalam mengaplikasikan kecerdasan buatan untuk mengoptimalkan pengalaman belajar.

Pelatihan tidak hanya memberikan wawasan tentang teknologi, tetapi juga membahas pentingnya berakhlak. Dalam sesi inspiratifnya, Narasumber dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, Dra. Nila Agustina, MPA membimbing peserta dalam memahami aspek berakhlak ASN, memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana ASN dapat mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam setiap aspek pekerjaan mereka.

Kegiatan ini memberikan landasan kuat bagi peserta untuk mengimplementasikan teknologi informasi, video animasi, dan kecerdasan buatan dalam konteks pembelajaran mereka. Harapannya, hal ini akan menjadi langkah awal yang berarti dalam menghadirkan pendidikan yang lebih inovatif dan adaptif di masa depan.

Penulis : Husna Amalana, S. Pd, M. Pd. Guru IPAS SMKN 10 Semarang

Editor  : Humas SMKN 10 Semarang