Jingle Karya Siswa SMAN 1 Tuntang Menang di Event Acces Project PLTS Kementrian ESDM

Kamis, 14 Desember 2023 menjadi hari yang bersejarah bagi siswa siswi SMA Negeri 1 Tuntang. Pasalnya, mereka berhasil meraih Juara pada gelaran lomba event ACCES Project PLTS dalam pembuatan Jingle untuk keberlanjutan PLTS. Acara ini digelar dengan kolaborasi antara Acces Project, Kementerian Energi, dan Sumber Daya Mineral, UNDP dan KOICA. Proyek Accelerating Clean Energy Access to Reduce Inequality (ACCESS) merupakan kolaborasi antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Indonesia) dan Kementerian Administrasi Negara (Timor-Leste), yang diimplementasikan oleh Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Development Programme/UNDP) dan didanai oleh Badan Kerjasama Internasional Korea (Korea International Cooperation Agency/KOICA). Proyek ACCESS bertujuan untuk menjawab tantangan target elektrifikasi di Indonesia dan Timor-Leste, serta meningkatkan akses masyarakat ke air bersih di Timor-Leste.

Siswa siswi SMA Negeri 1 Tuntang bersaing dengan puluhan peserta lain dari seluruh Indonesia yang juga berkompetisi untuk membuat jingle. Setelah melalui tahapan eliminasi, dua tim dari SMA Negeri 1 Tuntang yang mengirimkan karyanya tersebut dinyatakan lolos menuju Grand Final, dan berhak untuk tampil di Jakarta bersama peserta lainnya. Pada babak justify Grand Final kedua Tim dari SMA Negeri 1 Tuntang berhasil memukau dewan juri dengan jingle yang telah dibuat. Bertindak selaku dewan juri adalah Enggi Dewanti dari UNDP, Gatot Tri Widodo selaku koordinator ETBK Kementerian ESDM dan juga Sha Ine Febriyanti sebagai Aktris dan Seniman. 

“Halo, cah Semarang? Aku anak Semarang juga loh dulu waktu SMP. Terima kasih sudah mau datang jauh-jauh ke Jakarta dan ini karyanya bagus banget dan bisa dinikmati oleh kami” Tanggapan Sha Ine Febriyanti selaku dewan juri. 

Pada agenda yang digelar di Jakarta Barat tersebut, ketiga Dewan juri pada akhirnya memutuskan untuk memilih Lagu ‘Pembangkit Asa’ Ciptaan Avriliani Putri Carlania sebagai Juara Favorit serta ‘Madani PLTS’ ciptaan Taufiq Harpan Aldila dan Elisabeth Mella Febrisa sebagai Juara pertama. Kedua Jingle ini akan menjadi modal kampanye dalam penyelenggaraan PLTS diseluruh wilayah Indonesia dan Timor Leste. 

“Bangga, siswa siswi dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang memiliki visi yang mulia dan concern terhadap lingkungan, dan ini juga menjadi salah satu pembelajaran juga bagi siswa siswi kami tidak hanya pada ranah mencipta karya, tapi ada hal baik lain yang terkandung didalamnya,” tutur Agus Setiyono, S.Pd, M.Pd B.I. Selaku Kepala SMA Negeri 1 Tuntang. 

Penulis : Humas SMA N 1 Tuntang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.