Kepala SMKN 10 Semarang Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Melalui Platform Merdeka Mengajar

Semarang, 27 Desember 2023. Dalam upaya memberikan pemahaman Pengelolaan Kinerja di PMM, Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, M.Pd, menggelar pertemuan guru di ruang Baita Adiguna SMKN 10 Semarang, Jalan Kokrosono 75 Semarang Jumat, 22 Desember 2023. Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan Pengelolaan Kinerja pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang baru saja dilaunching oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek.

Narasumber menjelaskan bahwa Pengelolaan Kinerja di PMM merupakan alat bantu inovatif yang mempermudah guru dan kepala sekolah dalam menetapkan sasaran kinerja yang lebih kontekstual, sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan pengembangan karir. Fitur ini telah terintegrasi dengan layanan e-kinerja yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara, memberikan kemudahan dalam melacak dan mengevaluasi pencapaian tujuan kinerja.

Dengan menggunakan Pengelolaan Kinerja melalui PMM, para guru dan kepala sekolah dapat merancang strategi yang lebih spesifik untuk pelaksanaan tugas, sesuai dengan visi transformasi pembelajaran yang diamanatkan oleh Kemendikbudristek. Langkah ini semakin terlegitimasi dengan disahkannya Peraturan Direktur Jenderal GTK Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah melalui PMM, yang kini menjadi landasan hukum terkait pengelolaan kinerja di lingkungan pendidikan.

Dengan penggunaan Pengelolaan Kinerja pada Platform Merdeka Mengajar (PMM), para guru kini merasakan kemudahan yang signifikan dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Mereka dapat dengan mudah memilih praktik pembelajaran yang paling relevan untuk ditingkatkan, memberikan fokus pada aspek pembelajaran yang dianggap paling penting dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Selain itu, PMM memberikan keleluasaan kepada guru untuk memilih kegiatan pengembangan kompetensi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Hasil observasi kinerja menjadi dasar untuk menentukan tindak lanjut yang tepat guna peningkatan kinerja, menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan adaptif.

Dengan demikian, Pengelolaan Kinerja pada PMM bukan hanya menjadi alat administratif, tetapi juga menjadi mitra strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan harapan memberikan dampak positif pada pengalaman belajar siswa dan menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih dinamis.

Penulis : Anni Rahayuningsih, S. Hum, Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang