Kepala SMKN 10 Semarang Raih Skor Kepuasan Tertinggi dari Warga Sekolah

Semarang, 01 Januari 2024. Kepala sekolah merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kualitas pendidikan di sekolah. Kepala sekolah bertanggung jawab untuk menetapkan visi, misi, tujuan, dan strategi sekolah, serta mengelola sumber daya, sarana, dan prasarana sekolah. Kepala sekolah juga harus mampu memimpin, mengayomi, dan memotivasi guru dan karyawan sekolah agar dapat bekerja secara profesional, efektif, dan efisien.

Salah satu cara untuk mengukur kinerja kepala sekolah adalah dengan melakukan survey kepuasan pelanggan internal. Pelanggan internal adalah pihak yang terlibat dalam proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Survey ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana warga sekolah puas dengan kinerja kepala sekolah, serta untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan bermanfaat.

Survey kepuasan pelanggan internal SMKN 10 Semarang dilakukan dengan menggunakan kuesioner online yang disebarkan melalui whatsapp. Survey dilaksanakan di minggu terakhir Bulan Desember 2023. Responden diminta untuk memberikan penilaian dengan skala 1 sampai dengan 5, di mana angka 1 berarti sangat tidak puas dan angka 5 berarti sangat puas.

Hasil survey menunjukkan bahwa warga sekolah sangat puas dengan kinerja kepala sekolah. Dari 101 orang yang mengisi angket, total skor yang diperoleh adalah 500 poin. Ini berarti bahwa rata-rata skor kepuasan warga sekolah terhadap kinerja kepala sekolah adalah 4,8. Angka ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan warga sekolah sangat tinggi, karena mendekati nilai maksimal 5.

Mayoritas responden memberikan penilaian positif terhadap kinerja kepala sekolah. Mereka mengapresiasi kepala sekolah yang telah berhasil menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, serta mampu menciptakan iklim kerja yang kondusif, harmonis, dan produktif di sekolah. Mereka juga merasa bahwa kepala sekolah telah memberikan arahan, bimbingan, dukungan, dan fasilitas yang memadai untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan di sekolah.

Hasil survey ini juga sejalan dengan hasil penilaian PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) oleh pengawas pembina. PKKS adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas kerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya. Hasil PKKS menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah sangat baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Membaca hasil survey ini, Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu guru serta karyawan yang telah memberikan kepercayaan dalam memimpin sekolah. Hasil survey kepuasan warga sekolah dan penilaian PKKS yang sangat baik ini menjadi motivasi bagi pimpinan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan di sekolah ini.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Guru SMKN 10 Semarang