UNNES dan SMKN 10 Semarang Perkuat Kerjasama Peningkatan Kompetensi Drafter Engineering

Semarang-17 Januari 2024. Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui  kegiatan “Peningkatan Kompetensi Drafter Engineering Bagi Guru Teknik Pemesinan Kapal di SMKN 10 Semarang menggunakan Software Autodesk Inventor”. Tahap awal kegiatan ini berupa kunjungan dosen UNNES ke SMKN 10 Semarang  pada hari Rabu, 17 Januari 2024, bertempat di Laboratorium Studio Gambar SMK Negeri 10 Semarang.

Autodesk Inventor adalah aplikasi CAD (Computer Aided Design) yang dikhususkan untuk mendesain gambar 3D untuk pemodelan mekanis, simulasi, visualisasi gambar, dan dokumentasi. Aplikasi ini memungkinkan integrasi data dalam bentuk 3D sebagai representasi virtual.

Autodesk Inventor mencakup alat parametrik, pengeditan langsung, pemodelan bentuk padat, serta kemampuan menerjemahkan multi-CAD dalam gambar komputer standar DWG. Dengan demikian, pengguna dapat menggambar desain geometris.

Autodesk Inventor juga dapat melakukan analisa dan simulasi, menghitung pra-produksi manufaktur, mengatur tata letaknya, dan masih banyak fitur unggulan lainnya. Terlebih Autodesk Inventor ini juga mendukung file TrustedDWG dan mampu mendefinisi model yang kuat untuk menyematkan informasi manufaktur ke desain 3D.

Dalam kunjungannya, Ari Dwi Nur Indriawan S.Pd, M.Pd/ Dosen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Unnes. bertemu dengan Hesti Sulistiyowati, S.Pd.,M.Si, Mohammad Yunan Setyawan, S.Pd., dan Sonalita Wiguna S.Pd dari SMKN 10 Semarang.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd, menyambut baik kerjasama baru yang telah dijalin. Dalam pernyataannya, beliau mengungkapkan bahwa sekolah akan memperkuat pembelajaran CAD (Computer-Aided Design) untuk mendukung kemampuan siswa menjadi drafter engineering.

“Saya sangat senang dengan kerjasama ini,” kata Bapak Ardan. “Ini adalah langkah maju yang signifikan bagi sekolah kami. Dengan memperkuat pembelajaran CAD, kami dapat membantu siswa kami mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi drafter engineering yang sukses.”

Bapak Ardan menambahkan bahwa ini adalah bagian dari komitmen sekolah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa untuk masa depan yang cerah di bidang teknik.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana dan Ketenagaan SMKN 10 Semarang