Guru SMKN 10 Semarang Ikuti Webinar Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Cabdin I

Semarang, 22 Januari 2024. Pada hari Senin, 22 Januari 2023, Webinar Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Penggerak Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Tengah digelar secara daring melalui Zoom dan Streaming Youtube. Webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru dan kepala sekolah tentang pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Webinar menghadirkan oleh dua narasumber, yaitu Bapak Arif Ediyanto, M.Pd, dan Ibu Eny Sofiana, M.Pd dari Komunitas Guru Penggerak Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1. Keduanya membahas tentang pengelolaan kinerja kepala sekolah dan guru secara detail.

Dalam paparannya, Bapak Arif Ediyanto menjelaskan bahwa pengajuan Rencana Hasil Kerja (RHK) Kepala Sekolah disetujui oleh sistem sementara penilaian dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan mendelegasikan kepada pengawas pembina.

Sedangkan Ibu Eny Sofiana, M.Pd membahas tentang pengelolaan kinerja guru. Beliau menambahkan bahwa guru mengajukan Rencana Hasil Kerja (RHK) dalam PMM dan berkonsultasi dengan kepala sekolah sebelum dilakukan persetujuan.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd mengapresiasi webinar ini karena sesuai dengan kebutuhan kepala sekolah dan guru saat ini. Ia mengatakan bahwa webinar ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi profesional dalam mengelola kinerja guru dan kepala sekolah.

“Kami sangat senang bisa mengikuti webinar ini karena kami ingin belajar lebih banyak tentang pengelolaan kinerja di PMM. Kami berharap webinar ini bisa memberikan manfaat bagi kami sebagai guru dan kepala sekolah,” ujar Bapak Ardan.

Penulis : Arimurti Asmoro, M.Pd, Waka Manajemen Mutu SMKN 10 Semarang