Sosialisasi Try Out SKD Bersama Bimbel Science Sociaty di SMK N 3 Semarang

Semarang, 6 Februari 2024 – Seleksi kompetensi dasar (SKD) merupakan salah satu tes yang harus dilalui oleh setiap orang yang akan melamar pekerjaan pada instansi/perusahaan. SMK Negeri 3 Semarang yang menjadi mitra Bimbel Science Sociaty menyelenggarakan kegiatan sosialisasi try out seleksi kompetensi dasar (SKD) pada hari kamis, 25 Januari 2024 yang bertempat di ruang meeting pukul 09.00 s.d. 11.00 WIB. Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan kelas XI dan wali kelas XI yang berjumlah 36 orang.

Bimbel Science Sociaty didirikan pada tahun 2010 sebagai perusahaan yang bertujuan untuk memfasilitasi siswa di Seluruh Indonesia yang berkeinginan menjadi mahasiswa dan mahasiswi PKN STAN. Program-program terbaik bimbel Science Sociaty meliputi 7 Jurus Terlarang, CAT, Try Out Akbar Nasional, persiapan UN, persiapan SPMB PKN STAN, bimbingan di PKN STAN, dan juga membangun motivasi untuk siswa. Saat ini bimbel Science Sociaty telah hadir di seluruh indonesia dengan lebih dari 135 cabang untuk memfasilitasi kemauan belajar siswa.

Yasmine selaku narasumber pertama dari bimbel Science Sociaty menyampaikan pentingnya mengikuti kegiatan try out SKD, selain sebagai tolak ukur kemampuan siswa terhadap pemahaman materi wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan kepribadian, kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara gratis. Seleksi kompetensi dasar (SKD) terdiri atas 3 tes yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes kepribadian (TKP). Masing-masing tes memiliki ambang batas minimal yang harus dicapai, misalnya TKP dengan ambang batas 175, TIU dengan ambang batas 150, dan TKP dengan ambang batas 225. Ambang batas tersebut merupakan ambang batas yang digunakan pada seleksi CASN dan Sekolah Kedinasan pada tahun 2023. Ambang batas ini dapat berubah setiap tahun mengikuti kebijakan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Lebih lanjut disampaikan oleh Linda Lestari selaku narasumber kedua, bahwa SKD dikerjakan selama 100 menit dengan jumlah soal sebanyak 110 soal. Soal tersebut terdiri atas 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 45 soal TKP. Untuk mencapai hasil yang maksimal, tentunya perlu dilakukan usaha secara optimal salah satunya dengan mengikuti try out bimbel Science Sociaty. Keuntungan yang didapat dari kegiatan tersebut antara lain tidak berbayar (gratis), fasilitator yang komunikatif, fasilitas yang memadai, dan mampu mengukur kemampuan diri. Peserta try out  yang menduduki posisi 3 besar akan mendapatkan reward berupa uang pengembangan, voucher bimbingan belajar, dan seminar secara tatap muka.

Raden Akhmad Mukhlis Catur Prasetyo, S.Pd., selaku wakil kepala sekolah bidang Kurikulum menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap semua siswa dapat mengikuti kegiatan try out tersebut.

 

SMK Hebat, SMK Bisa, SMK Negeri 3 JITU “Jujur Inovatif Terampil dan Unggul”.

Vokasi Kuat, Menguatkan Indonesia.

 

Penulis: Humas SMK Negeri 3 Semarang