Bimbingan Softskill Siswa Kelas X SMKN 1 Tengaran

Soft skill merupakan keterampilan yang mencakup keterampilan komunikasi, kecerdasan, keterampilan sosial, dan juga keterampilan sosial. Soft skill yang dimiliki siswa di masa depan dapat membantu mereka dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Berbagai soft skill yang harus dimiliki generasi muda era ini adalah: Berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah, kerjasama, public speaking, komunikasi, manajemen, dan kreativitas. Untuk itu SMK Negeri 1 Tengaran mengadakan bimbingan soft skill pada kelas X, acara ini sudah dimulai pada kelas XII dan dilanjutkan pada kelas X semua jurusan.

Acara ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Januari s/d 23 Januari 2024 di aula SMK Negeri 1 Tengaran dengan 3 kelas yang bergantian setiap harinya. Soft skill ini diajarkan oleh konselor konseling pada pukul 07.30-15.00 WIB. Perkuliahan Soft skill ini banyak sekali manfaatnya bagi para mahasiswa. Awalnya mereka  mengetahui cita-citanya sendiri, setelah mengikuti bimbingan soft skill akan mengerti apa cita-citanya sendiri. Selain itu, siswa dapat lebih berani berbicara di depan banyak orang dan dapat bekerja sama dalam kelompok dengan teman lainnya.

Di penghujung acara ada yang istimewa yaitu alumni  mengajar. Alumni yang hadir yaitu Siti Rofiah. Ia merupakan alumni jurusan RPL tahun 2019. Siti Rofiah merupakan salah satu konten kreator di media sosial dan sering dikenal dengan nama YuRob. YuRob memberikan ilmu kepada siswa tentang bagaimana menjadi seorang content writer dan awal mula YuRob menjadi seorang content writer. YuRob juga berpesan agar para siswa lebih berani dan bangga dalam belajar di sekolah, sehingga cita-cita siswa dapat tercapai. Para siswa sangat senang dengan adanya acara ini, semoga dengan adanya acara ini dapat menambah ilmu pengetahuan para siswa kedepannya.

Penulis : Diarny Widyastuti, S.Pd. Guru SMKN 1 Tengaran.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.