Sosialisasi Data Pokok Pendidikan SMK Tahun 2024

Jakarta – Data pokok pendidikan (Dapodik) merupakan data yang menggambarkan kondisi riil pendidikan di Indonesia, khususnya di tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK). Data ini sangat penting untuk menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan dan program bantuan oleh pemerintah.

Namun, data Dapodik SMK seringkali tidak akurat, mutakhir, dan berkelanjutan, sehingga menyulitkan proses perencanaan, penganggaran, pengawasan, evaluasi, dan akuntabilitas pendidikan SMK. Oleh karena itu, Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan kegiatan Percepatan Sinkronisasi Data Pokok Pendidikan SMK Tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui kanal YouTube Direktorat SMK – Kemdikbud pada Selasa, 6 Februari 2024, pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala SMK, operator Dapodik SMK, dan pengawas SMK se-Indonesia.

Dalam arahannya, Direktur SMK – Kemdikbudristek, Bapak Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd, mengatakan bahwa peran penting Bapak dan Ibu kepala sekolah beserta operator dapodik dalam mewujudkan kualitas data di SMK. Kualitas data itu memenuhi prinsip-prinsip satu akurat yaitu data yang lengkap dan kondisi senyatanya, kedua mutakhir yaitu data yang terkirim dalam kondisi terkini dan ketiga berkelanjutan yaitu data tersedia tiap semester sebagai dasar pertimbangan, pemerataan dan penyaluran program dan bantuan dari direktorat SMK. Data pendidikan yang terintegrasi dengan baik menjadi pondasi utama dalam pengambilan keputusan yang strategis.

“Kami mengharapkan Bapak dan Ibu kepala sekolah dan operator dapodik dapat melakukan sinkronisasi data Dapodik SMK dengan segera dan tepat, sesuai dengan petunjuk dan mekanisme yang telah kami sampaikan. Kami juga mengharapkan Bapak dan Ibu dapat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota, serta dengan Direktorat SMK – Kemdikbudristek, dalam hal validasi dan verifikasi data Dapodik SMK,” ujar Bapak Wardani.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber yang kompeten dan berpengalaman di bidang Dapodik SMK, yaitu Bapak Muamar Surawidarto, SE, M.Si dari Sekretariat Direktorat Jenderal Vokasi dengan materi Kebijakan Data Pengelolaan Pendidikan Vokasi, Bapak Fuad dari Direktorat SMK dengan materi Sinkronisasi Data Pokok Pendidikan SMK Tahun 2024, Bapak Prayudi Permana dari Direktorat SMK dengan materi Verifikasi dan Validasi Data Pendidikan, dan Bapak Nazarudin dari Direktorat SMK dengan materi Praktik Baik Data Pokok Pendidikan SMK tahun 2024.

Para narasumber memberikan penjelasan dan bimbingan kepada para peserta dalam melakukan sinkronisasi data Dapodik SMK, baik data sekolah, data peserta didik, data pendidik dan tenaga kependidikan, data sarana dan prasarana, data rombongan belajar, data pembelajaran, maupun data prestasi. Para narasumber juga memberikan contoh-contoh praktik baik data Dapodik SMK yang telah dilakukan oleh beberapa sekolah di Indonesia.

Moderator kegiatan ini adalah Bapak Miftahudin, S.Si, yang juga merupakan staf ahli Direktorat SMK – Kemdikbudristek. Bapak Miftahudin memfasilitasi interaksi antara peserta dan narasumber melalui fasilitas live chat dan polling yang tersedia di kanal YouTube Direktorat SMK – Kemdikbud. Bapak Miftahudin juga mengajak para peserta untuk bertanya, berdiskusi, dan berbagi pengalaman dengan narasumber dan sesama peserta.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Direktorat SMK – Kemdikbudristek untuk meningkatkan kualitas data Dapodik SMK, yang akan berdampak pada kualitas layanan pendidikan SMK di Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program-program unggulan Direktorat SMK – Kemdikbudristek, seperti Revitalisasi SMK, SMK Bisa, SMK Berdaya, SMK Berprestasi, dan SMK Berkarakter.

Rekaman Youtube bisa dilihat disini :

Penulis : Husna Amalana, M.Pd, Guru IPAS SMKN 10 Semarang