Belajar Bersama Guru Tamu dari Honda Ahass Padmanaba

 Senin,  6 Februari 2024, SMKN 1 Tuntang mendapat kunjungan guru tamu dari Honda Ahass Padmanaba Ampel – Boyolali. Bapak Bayu Septiawan, seorang ahli dalam bidang Otomotif dari Honda Ahass Padmanaba hadir sebagai narasumber dalam kegiatan inj. Beliau membawa berbagai pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga bagi siswa-siswa kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Tuntang.

Tema yang diangkat dalam kunjungan Bapak Bayu Septiawan kali ini adalah tentang “Attitude, Skill dan Pengalaman di Dunia Kerja”. Beliau membagikan pengetahuan tentang pentingnya mengembangkan skill atau keterampilan di dunia kerja, terutama dalam lingkup industri otomotif. Bapak Bayu menjelaskan bahwa skill yang dikuasai akan membuka peluang lebih luas di dunia kerja, dan siswa-siswa diharapkan untuk terus mengasah kemampuan mereka agar siap bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Dalam sesi diskusi, salah seorang siswa bernama Suratno Katami dari kelas XII TBSM 2 memberikan pertanyaan tentang bagaimana  sebenarnya bekerja keras itu. Bapak Bayu menjelaskan, “Bekerja keras adalah bekerja dengan tujuan dan manfaat yang jelas serta agar selalu bersyukur dalam keadaan apapun”. 

Beliau juga memberikan gambaran tentang dunia kerja di industri otomotif dan menekankan pentingnya untuk selalu menerapkan kejujuran,  serta senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini agar dapat bersaing dalam dunia kerja yang dinamis. Selain itu, beliau juga menyoroti tentang etika dan sopan santun dalam berinteraksi di lingkungan kerja, yang merupakan hal yang tak kalah pentingnya dengan skill teknis.

Selain memberikan wawasan terkait etika di dunia kerja, kunjungan Bapak Bayu juga memberikan pembekalan secara teknis untuk menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian bagi para siswa kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Tuntang yang  akan dilaksanakan sebentar lagi. Mereka mendapat pemahaman yang lebih jelas tentang teknis pelaksanaan UKK dan pentingnya mengembangkan skill, mempersiapkan diri untuk dunia kerja, dan menjaga etika serta sopan santun dalam berkarier di industri otomotif. 

Kepala Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Bapak Drajad Sarwono, S.Pd., mengungkapkan, “Semoga kunjungan beliau menjadi inspirasi bagi para siswa untuk meraih kesuksesan di masa depan”.

Penulis: Nurul Rahayu Susiawanti, S.Pd , Guru TBSM SMK Negeri 1 Tuntang.

Editor: Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.