Lokakarya Ke-3 Guru Penggerak Kota Semarang

Program guru penggerak angkatan 4 Kota Semarang masuk pada tahap Lokakarya ke-3 dari 9 lokakarya yang diprogram. Lokakarya kali ini mengambil tema visi, misi dan program sekolah yang berpihak pada murid.  Kegiatan loka karya ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 19 Maret 2022 bertempat di 2 lokasi yang berbeda yakni di hotel Harris Central land terdiri dari 9 kelas yakni kelas Ahingga kelas I, kemudian di hotel MG Setos terdiri dari 4 kelas yakni kelas J hingga kelas M.

Kegiatan lokakarya ini didahului dengan penyamaan persepsi untuk pengajar praktik pada hari jum’at, 18 Maret 2022 dan dihadiri oleh perwakilan P4TK Matematika selaku penanggung jawab dan perwakilan Dinas Pendidikan Kota Semarang dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa tengah yang diwakili oleh Kasi SMK Ibu Lilik Rachmawati, SE, M.Si.  Dilanjutkan dengan lokakarya di hari sabtunya. Pada lokakarya ke-3 ini, berbeda dengan lokakarya yang telah dilalui karena pada kesempatan ini calon guru penggerak didampingi oleh kepala sekolahnya dan juga pengawas pembina. Kegiatan lokakarya ini melibatkan 142 Calon Guru Penggerak dari berbagai sekolah di kota Semarang dari jenjang TK hingga SMA/SMK. Juga dihadiri 142 kepala sekolah atau yang mewakili dan melibatkan 26 pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan Kota Semarang maupun Cabdin 1 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, serta melibatkan panitia dari P4TK Matematika dan Dinas Pendidikan terkait dan 25 pengajar Praktik.

Pada kegiatan lokakarya ini CGP dan Kepala sekolah dengan fasilitator pengajar praktik melakukan diskusi dan sharing terkait visi, misi dan program sekolah yang berpihak pada murid. Sebelum ke visi dan misi CGP dan KS diajak untuk menelaah alur BAGJA sebagai pedoman untuk menyusun visi misi sekolah. Disamping itu diakhir kegiatan CGP dan KS melakukan kesepakatan janji jangka pendek untuk memulai melakukan aksi nyata terkait program yang telah disusun.

Penulis : Sunar, Pengajar praktik SMK Negeri 01 Semarang