Memotivasi Diri untuk Tetap Berolahraga

Olahraga memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, tidak jarang kita merasa malas atau bosan berolahraga. Namun bagaimana cara kita untuk tidak kehilangan motivasi dalam berolahraga??  Terkadang motivasi olahraga bisa datang dari keinginan untuk menjadi sehat atau menurunkan berat badan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa ketika kita melakukan aktivitas secara fisik, tubuh akan melepas zat kimia di otak, sehingga dapat mencegah kita mengalami stress. Olahraga juga membuat kita merasa bahagia dan pada akhirnya suasana hati menjadi lebih baik.

Olahraga dapat didefinisikan sebagai gerakan yang membuat otot kita bekerja dan membuat tubuh kita membakar kalori. Terdapat banyak jenis olahraga, termasuk joging, renang, bersepeda, bulu tangkis dan masih banyak lagi. Dengan berolahraga telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Bahkan dapat membantu kita memperoleh hidup yang lebih lama.

Aktif dalam berolahraga adalah salah satu ciri cerdas secara kinestetik. Tentu saja ini adalah hal yang positif karena olahraga dapat menjadikan kita sehat. Selain itu olahraga juga memiliki banyak pengaruh bagi perkembangan otak kita, termasuk kecerdasan mental, itu sebabnya kita disarankan untuk rutin olahraga.

Dalam memotivasi diri sendiri agar hidup sehat dan rutin berolahraga, berikut Tips dan Trik cara memotivasi diri untuk tetap rutin berolahraga, yaitu:

  1. Tetapkan tujuan dan buat rencana. Agar motivasi olahraga tetap terjaga, tetapkan goalsesuai prioritas dan kemampuan kita. Lalu buatlah rencana untuk mendukung tujuan tersebut. Misalnya, jika ingin menurunkan berat badan, kita bisa buat rencana berolahraga seminggu 3 kali, berjalan 20 menit setiap hari, atau rencana lain yang sesuai dengan kesibukan kita.
  2. Jadikan kebiasaan. Jadikan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari sesuai jadwal, atau di waktu yang sama setiap hari. Misalnya, berolahraga setiap pagi sebelum berangkat ke kantor, atau sore hari setelah pulang kantor.
  3. Flexsibel dengan waktu dan jenis olahraga. Ada kalanya kita bosan atau lelah dengan gerakan olahraga yang itu-itu saja. Untuk menghindari kejenuhan, kita bisa melakukan jenis olahraga atau latihan yang berbeda dari biasanya. Misalnya, mengganti olahraga renang dengan joging, bersepeda, atau ketika sibuk dengan pekerjaan, kita bisa sekedar naik-turun tangga di kantor atau di rumah kita masing-masing untuk tetap berolahraga ringan.
  4. Dengarkan musik atau gunakan aplikasi olahraga yang sedang hitsMendengarkan musik atau lagu favorit bisa memotivasi kita untuk bergerak dan berolahraga. Sebuah penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan durasi dan ketahanan tubuh ketika berolahraga. Selain itu, kita juga bisa mencatat performa saat berolahraga dengan aplikasi olahraga, aplikasi ini bisa menjadi penyemangat kita dalam berolahraga.
  5. Pertahankan komitmen untuk hidup sehat. Yang tidak kalah penting untuk menunjang motivasi olahraga adalah menjaga komitmen untuk hidup sehat. Pikirkan tentang hasil yang nantinya akan kita dapatan dari olahraga rutin setiap hari, misalnya bentuk tubuh atau berat badan yang kita inginkan.

Dengan beberapa Tips dan Trik tersebut di atas, kita akan kembali fokus pada tujuan kita, sehingga dapat terus bersemangat untuk berolahraga. Menjaga motivasi olahraga tetap tinggi memang gampang-gampang susah dilakukan. Untuk itu, temukan jenis olahraga yang sesuai dengan minat dan hobi kita, serta ganti sesekali jika bosan. Selain itu, kita juga dapat mengajak teman atau keluarga untuk menambah semangat berolahraga.

Berikut diatas adalah 5 Tips dan Trik dalam memotivasi diri kita dalam menjaga semangat dalam berolahraga. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat.  Tak Lupa, Tetap Semangat dalam menjaga Kesehatan kita!!

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Helmi Yuhdana H, S.Pd, M.M., Guru Mapel PJOK

Editor: Tim Humas