Mengenal Jenis-Jenis Kapal, Menyiapkan Siswa Jurusan KKB untuk Memahami Tentang Dunia Perkapalan

Mempelajari materi pembelajaran pada Kompetensi Keahlian Konstruksi Kapal Baja (KKB) sungguh sangat menyenangkan karena memperoleh pengetahuan yang baru dan memperdalam keterampilan tentang dunia perkapalan. Terlebih lagi, Bangsa Indonesia merupakan negara maritim yang sangat dekat dengan perkapalan dan menjadi salah satu alat transportasi utama yang dibutuhkan.

Sejak Kelas X, Siswa mendapatkan materi untuk mengenal jenis-jenis, fungsi, dimensi/bentuk, bahkan teknik pemeliharaan kapal yang dilakukan di dermaga Pelabuhan sebagai tempat praktik yang akan dilakukan oleh Siswa saat masa Praktik kerja Lapangan (PKL).

Sebagai alat transportasi laut yang efektif dan sering digunakan oleh masyarakat untuk mengangkut penumpang dan barang, salah satu materi pembelajaran tentang perkapalan terdapat berbagai jenis kapal yang setiap jenisnya memiliki fungsi berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis kapal yang perlu diketahui:

  1. Kapal Pesiar: Kapal Pesiar merupakan kapal yang digunakan penumpang untuk berekreasi menikmati pemandangan laut. Kapal ini memiliki fasilitas penginapan seperti hotel berbintang.
  2. Kapal Selam: Kapal Selam merupakan kapal yang biasanya digunakan untuk kepentingan militer. Jika kapal pada umumnya berlayar di atas air, justru kapal selam ini beroperasi di dalam air.
  3. Kapal Ferry: Kapal ferry adalah kapal yang digunakan sebagai transportasi penyebrangan laut. Selain untuk mengangkut penumpang, biasanya kapal ferry juga mengangkut kendaraan seperti mobil, motor, bus, dan truk.
  4. Kapal Tanker: Kapal Tanker adalah kapal yang didesain khusus untuk membawa minyak agar tidak tumpah ke laut.
  5. Kapal Kargo: Kapal Kargo atau biasa disebut kapal barang adalah jenis kapal yang membawa muatan barang berkapasitas besar dari pelabuhan satu ke pelabuhan lain.
  6. Kapal Bulk Carrier: Kapal bulk carrier ini adalah kapal yang membawa muatan barang dalam bentuk curah seperti batu bara, bijih besi, semen, dan barang curah lainnya.
  7. Kapal Samudera: Kapal Samudera memiliki desain dan fungsi yang mirip seperti kapal pesiar. Hanya saja kapal ini beroperasi menyeberangi samudera serta memiliki pelabuhan keberangkatan dan pelabuhan pemberhentian yang berbeda.
  8. Kapal Kontainer: Kapal Kontainer adalah kapal yang memuat barang atau peti kemas seperti kapal kargo. Namun, kapal kontainer memiliki muatan barang yang standar.
  9. Kapal Perang: Kapal perang ini adalah kapal yang digunakan angkatan bersenjata untuk kepentingan militer.

Pengenalan jenis-jenis kapal dapat membantu Siswa dalam memperdalam pemahaman tentang dunia perkapalan. Diharapkan setelah pembelajaran dengan topik jenis-jenis kapal Siswa dapat lebih mengenal tentang jenis-jenis kapal.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Septiyo Ariyanto, S.Pd., Guru Produktif Konstruksi Kapal Baja

Editor: Tim Humas