Sosialisasi Asesmen Nasional untuk KS SMK Kota Semarang

Kegiatan sosialisasi Assesmen Nasional yang ketiga oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 dilaksanakan hari ini Selasa, 22 Desember 2020 di SMKN 1 Semarang. Di hadapan Kepala SMK Negeri dan Swasta, Dr. Budiharjo, S.Pd., M.Pd. Pengawas SMA Kabupaten Semarang Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1  mengatakan sosialisasi Asesmen Nasional bertujuan untuk menginformasikan bahwa Asesmen Nasional tidak menilai individu peserta didik, sekolah tidak perlu melakukan persiapan khusus berupa latihan soal, namun harus menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan, dan sekolah tidak perlu melakukan bimbingan khusus kepada peserta didik untuk dapat menjawab soal Asesmen Nasional.

Pada kesempatan yang sama, Pak Budi beliau biasa dipanggil menjelaskan latar belakang Assesmen Nasional dilaksanakan adalah tren dan permasalahan hasil belajar pendidikan dasar dan menengah dimana konsisten  sebagai salah  satu negara  dengan  peringkat  hasil PISA  terendah dan Skor PISA  yang stagnan  dalam 10-15  tahun terakhir.

Mutu sekolah diukur menggunakan 3 instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengukur literasi membaca dan numerasi  sebagai hasil belajar kognitif, Survei Karakter, Mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai  (values) sebagai hasil belajar non-kognitif, dan Survei Lingkungan Belajar dimana mengukur kualitas pembelajaran dan iklim  sekolah yang menunjang pembelajaran.

Lewat Asesmen nasional ini evaluasi kinerja satuan pendidikan dipantau dan sekaligus menghasilkan informasi untuk perbaikan kualitas  belajar-mengajar, yang kemudian diharapkan berdampak pada karakter dan kompetensi siswa.

Materi paparan bisa didownload disini : Sosialisasi AN