SMKN 1 Tuntang Selenggarakan Tryout Tes Seleksi PPPK Menggunakan CAT

Sejak digaungkan pertama kalinya pada tahun lalu, peminat tes seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) menjadi semakin banyak. Seleksi ini menjadi angin segar bagi GTT (Guru Tidak Tetap) Non PNS, untuk dapat menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). Dengan perekrutan sekitar 1juta guru, semua guru di Indonesia bersemangat untuk mengikuti tes tersebut. Maka dari itu, persaingan menjadi begitu ketat. Tak ayal, hal ini juga menimbulkan kekhawatiran bagi guru-guru apabila nanti di antara mereka ada yang tidak lolos seleksi.

Berbekal niat baik membantu guru-guru GTT agar dapat lolos seleksi ASN PPPK, maka SMK Negeri 1 Tuntang mengadakan tryout gratis menggunakan Aplikasi CAT (Computer Assisted Test ) yang dibangun Tim IT sekolah. Terhitung ratusan guru SMP dari Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga mendaftarkan diri untuk mengikuti tryout tersebut, melalui form yang sudah dibagikan. Untuk itu, tryout dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tryout tahap pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Maret 2021, diikuti oleh 36 GTT SMP. Dengan  menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tryout ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama berlangsung mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB. Sesi kedua dimulai pada pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIB. Peserta di setiap sesi berjumlah 18 orang.

Setelah guru-guru SMP tersebut selesai mengerjakan tryout, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tuntang memberikan ulasan, arahan dan motivasi. Beliau mendorong guru-guru SMP tersebut agar dapat lolos seleksi ASN PPPK, karena ini merupakan kesempatan berharga yang harus mereka capai. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan guru-guru GTT tersebut. Acara dilanjutkan dengan pembahasan soal-soal tryout yang baru saja dikerjakan. Pembahasan soal ini dipimpin oleh Ibu Tutik Widiyandari, S.Pd., guru mata pelajaran matematika SMK Negeri 1 Tuntang. Beliau menjelaskan cara penyelesaian beberapa soal kompetensi skolastika beserta tips dan trick nya. Nantinya, hasil tryout tersebut akan direkap dan dirangking, kemudian dibagikan melalui grup WhatsApp.

Semoga tryout gratis yang diadakan oleh SMK Negeri 1 Tuntang ini bermanfaat bagi guru GTT. Selain mengukur kemampuan mereka dalam bidang pedagogik, skolastika, sosiokulturan dan manajerial, tryout ini juga menjadi solusi dalam memberikan gambaran soal-soal yang nantinya akan diteskan pada seleksi ASN PPPK.

Penulis Nurul Rahmawati E, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang