Verifikasi UKK TBO SMK NU Tunas Bangsa Bringin

Bringin –  SMK NU Tunas Bangsa Bringin selesai mengadakan Verifikasi Alat untuk Uji Kompetensi Keahlian (UKK) jurusan Teknik Body Otomotif (TBO) pada Senin, 1 Maret 2021. Verifikasi dilakukan oleh pengawas SMK wilayah Kabupaten Semarang, Supriyanto S Putro, S.TP, M.Pd didampingin tim verifikator internal dan Kepala Sekolah.

Verifikasi alat uji digunakan untuk untuk memverifikasi kesiapan dan kelayakan SMK NU Tunas Bangsa dalam menyelenggarakan Uji Kompetensi keahlian (UKK). Dalam verifikasi tersebut ditunjukkan berbagai macam peralatan dan bahan yang akan digunakan dalam Uji Kompetensi keahlian (UKK), termasuk persiapan administrasi terkait perangkat penilaian siswa.

Dengan selesainya verifikasi alat uji tersebut, jurusan TBO SMK NU Tunas Bangsa siap untuk melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian untuk mengantarkan siswa-siswi kelas 12 menuju kelulusan. Memang, tahun ini kondisi pembelajaran masih terdampak oleh adanya covid-19, sehingga berbagai kegiatan pembelajaran masih dibatasi dan dalam penyesuaian. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para siswa dan guru untuk mengantarkan siswa-siswi jurusan TBO menuju kelulusan dan ketercapaian kompetensi. Hal ini berguna supaya setelah lulus, para alumni memiliki keahlian yang mumpuni.

Dalam sambutannya, Pengawas SMK Supriyanto S Putro, S.TP, M.Pd mengungkapkan bahwa verifikasi alat uji ini penting demi memastikan kesiapan sekolah dalam menyelenggarakan uji kompetensi keahlian. Dirinya juga menghimbau kepada para guru yang hadir agar dalam kondisi apapun, peserta didik harus mendapatkan prioritas utama termasuk dalam hal bahan dan alat praktikum.

“UKK ini harus disiapkan dengan maksimal supaya setelah lulus, para siswa memiliki keahlian-keahlian yang sesuai bidangnya. Apabila TBO, maka keterampilan Body Otomotif harus diutamakan.” Jelasnya.

Supriyanto S Putro, S.TP, M.Pd juga mengungkapkan bahwa jurusan Teknik Body Otomotif hanya ada dua sekolah yang membuka di wilayah Kabupaten Semarang, baik SMK Negeri maupun Swasta. Hal ini tambahnya menjadi peluang yang baik, karena dengan jenis mesin apapun, kendaraan mobil maupun karoseri akan selalu memerlukan body yang bagus.

“Mesin boleh berubah, dulu pakai bensin sekarang ada mobil listrik. Bagi jurusan Mesin, mungkin akan ada pergeseran karena jenisnya berubah, tapi kalau Body Otomotif, jenis mesin apapun akan selalu membutuhkan Body yang bagus.” Tambahnya.

Editor : Nurul Rahmawati, E, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang