Semarakkan HPSN 2021, Avatar 7 Organizer Pilah Sampah

Semarang, 10 Maret 2021, untuk merefleksikan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, warga SMA Negeri 7 Semarang mengadakan aksi pilah sampah. Kegiatan tersebut dimotori oleh Avatar 7 Organizer, salah satu bidang kegiatan OSIS di SMAN 7 Semarang.

Kegiatan pilah sampah diikuti warga SMA Negeri 7 Semarang dari rumah masing-masing. Mekanismenya adalah mereka mengumpulkan sampah yang ada di sekitar rumah. Kemudian, sampah yang terkumpul diserahkan kepada koordinator panitia kegiatan yang berada di lingkungan sekitar sekolah. Di sekolah, sampah kembali dipilah berdasarkan kategorinya masing-masing. Hal ini untuk memudahkan pengolahan sampah selanjutnya. Tak lupa dalam pemilihan sampah, panitia kegiatan menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

“Aksi pilah sampah dilaksanakan atas kesadaran kami yang melihat banyaknya sampah di lingkungan sekitar. Selain itu juga karena sekolah kami telah menyandang gelar sekolah Adiwiyata,” kata Bapak Siswanto, S.Pd. selaku Pembina OSIS SMA Negeri 7 Semarang.

Kegiatan pilah sampah ini dilakukan bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter para peserta didik. Salah satunya melalui kepedulian terhadap sampah yang mana harus dimulai sejak dini, dimulai dari sekarang dan berkelanjutan. Peran serta masyarakat tentunya akan mendukung penanggulangan permasalahan sampah di Indonesia. Semoga aksi ini bisa menumbuhkembangkan generasi muda dan masyarakat yang peduli akan sampah. Salam SMANSEV Berintegritas!


Penulis: Nur Fatoni, S.Pd., Gr., Guru SMAN 7 Semarang

Editor: Nurul Rahmawati E., M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang