Tim KKR SMA Negeri 7 Semarang, Duta Gizi 2021

Semarang, 19 Maret 2021, kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan Remaja Kota Semarang Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang, memutuskan bahwa tim KKR SMA Negeri 7 ditunjuk sebagai Duta Gizi Kota Semarang tahun 2021. Tim tersebut terdiri atas 4 peserta didik, di antaranya adalah Irhamna Febri kelas XI MIPA 5, Elysabeth Jessica Savira kelas XI MIPA 5, Salvania Nirina kelas X MIPA 5, dan Fathi Feodora Zhafifa kelas X IPS 3.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan Remaja ini diikuti oleh 40 peserta didik dari 10 SMA/SMK baik negeri maupun swasta di Kota Semarang. Materi kegiatan ini antara lain Peran Kader Kesehataan Remaja, Gizi Remaja, dan UKS Sehat dengan pemateri dari Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Gizi, DKK Kota Semarang, yang bertempat di Rumah Pelangi Nusantara (Rumah Gizi). Kegiatan ini bertujuan melatih Kader Kesehatan Remaja untuk membiasakan pola hidup sehat dan gizi seimbang di sekolah. Dari serangkaian kegiatan tersebut, panitia memilih tim KKR SMA Negeri 7 Semarang sebagai Duta Gizi atas dasar keaktifan dalam kegiatan, keunggulan dalam pemahaman materi, dan rencana program tindak lanjut yang disusun.

Tindak lanjut dari ditunjuknya sebagai Duta Gizi Tahun 2021, maka tim KKR memiliki beberapa program yang akan dilaksanakan, seperti (a) membentuk konselor sebaya di sekolah, (b) pembentukan Duta Gizi dan Agen Rempah, (c) membentuk Posyandu Remaja ASIK di sekolah, (d) mewujudkan UKS Sehat di sekolah, (e) kegiatan senam pagi tiap 1 bulan sekolah, (f) menerapkan kebiasaan peregangan setiap 2 jam sekali, (g) kegiatan literasi tentang kesehatan.

Pembina PMR Wira SMA N 7 Semarang, Anis Nuril Laili S., M.Pd., berharap Tim KKR dapat menjalankan rencana tindak lanjut dan amanah dengan penganugerahan gelar sebagai Duta Gizi. “Semoga dengan terpilihnya peserta didik sekolah kami menjadi Duta Gizi Kota Semarang, dapat memotivasi mereka untuk menjadi kader kesehatan remaja yang baik, yang mampu mengajak remaja lainnya, baik yang ada di sekolah kami maupun di sekolah lainnya,” ungkapnya.

Penulis: Anis Nuril Laili Sulistyowati, M.Pd., Guru SMAN 7 Semarang

Editor: Nurul Rahmawati E., M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang