Exam Panrita Versi 4 Untuk Penilaian Daring

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sesuai dengan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, merupakan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 (Corona Virus Disease). Kebijakan tersebut juga secara otomatis diterapkan dalam penilaian serta evaluasi pembelajaran peserta didik. Berbagai aplikasi digunakan oleh satuan pendidikan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Hal ini juga yang diupayakan oleh SMA Negeri 1 Suruh. SMA ini menggunakan aplikasi tes evaluasi penilaian berbasis website dengan nama aplikasi Exam Panrita. Untuk kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 Online dan Try Out Ujian Sekolah Online tahun ini, dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai dengan 19 Maret 2021. Rangkaian kegiatan evaluasi penilaian tersebut dimulai dengan pembuatan naskah soal dalam bentuk file word dengan layout yang sudah ditentukan. Kemudian naskah soal dan kunci jawaban diupload atau diunggah ke dalam ELearning System CAT Exam.

E-Learning System CAT Exam merupakan bagian dari sistem aplikasi di E-learning SMAN 1 Suruh. Sehingga untuk proses login peserta didik harus membuka Google Chrome dan masuk melalui tautan berikut www.sman1suruh.sch.id. Lalu peserta didik harus melakukan click pada menu ‘PTS’ bagi kelas X dan XI, dan menu ‘TRY OUT’ untuk kelas XII. Untuk mengisi kolom ‘username,’ siswa harus mengetikkan dengan A-NISN. Sedangkan untuk mengisi kolom ‘password’ siswa harus mengisikan NISN mereka masing-masing. Sesudah login, siswa akan masuk pada menu Kegiatan dan Petunjuk. Pada tampilan Petunjuk Umum, terdapat tulisan “Saya sudah membaca petunjuk ini” yang mana harus diclick. Setelah itu, peserta didik dapat login dan mendapat menu Jadwal Ujian dan Presensi.

Aplikasi ini memberi beberapa manfaat kepada peserta didik, di antaranya adalah melatih mereka untuk disiplin dalam mengerjakan tes online. Selain itu, tidak terdapat kendala yang berarti selama kegiatan PTS dan Try Out Online. Panitia penyelenggara yang berperan sebagai pengawas pun harus login di menu Pengawas, sehingga dapat memantau peserta didik yang sedang mengerjakan tes secara online. Ataupun juga memberi warning, apabila terjadi pelanggaran selama pelaksanaan tes. Semoga pelaksanaan tes online dengan aplikasi Exam Panrita VERSI 4 di SMA Negeri 1 Suruh dapat menjadi ikon branding sekolah kami, yaitu Character Building Based on It.

 

Editor: Nurul Rahmawati E., M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang