SMAN 7 Semarang, Gelar Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri 2021

SMA Negeri 7 Semarang sangat peduli terhadap masa depan calon lulusannya, yaitu peserta didik kelas XII. Salah satunya bagi lulusan yang akan melanjutkan karir di bidang Kepolisian. Hal itu diwujudkan dalam kegiatan Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri 2021 pada Rabu, 17 Maret 2021, di ruang Multimedia. Kegiatan sosialisasi secara langsung merupakan usaha memotivasi peserta didik memahami syarat-syarat dan mendapatkan tips atau trik menjadi anggota Polri tahun 2021.

Kompol Sunarto, Kasubagpres Bagsunda Polrestabes Semarang, sebagai pemateri menjelaskan prinsip penerimaan calon anggota Polri. Di mana dalam pelaksanaannya bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Para peserta yang berjumlah 30 orang dari kelas XII SMA Negeri 7 Semarang sangat antusias mengikuti dan melakukan tanya jawab.

Mohamad Siswanto, S.Pd., pendamping kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi para siswa yang ingin menjadi Polisi. Mereka mampu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari narasumber.

“Penyampaian sosialisasi tersebut merupakan suatu keberuntungan bagi peserta didik SMA Negeri 7 di tengah pandemi Covid-19. Siswa bisa langsung bertanya kepada narasumber terkait syarat-syarat dan kiat-kiat sukses, serta tahapan apa saja yang harus dilalui pada saat seleksi penerimaan anggota Polri tahun 2021,” imbuh Muhamad Siswanto, S.Pd.

Kompol Sunarto, memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMA Negeri 7 Semarang untuk semangat belajar dan berlatih dalam usaha menunjang karir di dunia kepolisian. Beliau menggarisbawahi bahwa prinsip penerimaan calon anggota Polri dalam pelaksanaannya bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Selain itu, Kompol Sunarto juga memberikan pemahaman terkait syarat-syarat menjadi anggota Polri, sehingga peserta didik dapat mempersiapkannya lebih dini mulai dari kemampuan akademik, psikis dan fisik.

“Peserta didik SMA Negeri 7 Semarang harus membekali diri, mempersiapkan sejak dini kemampuan akademik, psikis dan fisik melalui belajar mandiri ataupun bimbingan-bimbingan khusus untuk sukses menghadapi tahapan seleksi penerimaan calon anggota Polri,” ungkap Bapak Soleh Amin, S.Pd., M.Pd., Kepala SMA N 7 Semarang.

Melalui kegiatan sosialisasi penerimaan anggota Polri 2021 ini, diharapkan agar alumni SMA Negeri 7 Semarang yang memiliki minat dalam bidang Kepolisian, mendapatkan pengetahuan yang lengkap. Sehingga nantinya mereka dapat mengikuti tahapan seleksi tersebut dengan lebih baik, siap dan mantap.

 

Penulis: Nur Fatoni, S.Pd., Gr., Guru SMAN 7 Semarang
Editor: Nurul Rahmawati E., M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang