Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office 365 Bagi Guru SMKN 5 Semarang

Setahun lebih sejak pandemi Covid-19, penyelanggaraan pembelajaran di sekolah diselenggarakan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring. Kejenuhan tidak hanya dirasakan oleh siswa, namun juga guru. Untuk itu diperlukan perubahan model PJJ yang menarik. Dalam upaya peningkatan mutu penyelenggaraan PJJ dan pemberdayaan SDM sekolah, SMK Negeri 5 Semarang pada hari Senin, 19 April 2021, menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office 365 bagi guru dengan menggunakan domain @smkn5smg.sch.id. Pada pembukaan acara, Kepala SMKN 5 Semarang,  Sri Suwarno, S.Pd., M.Pd., yang pada saat itu diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, menitipkan pesan kepada Bapak dan Ibu Guru untuk serius dalam mengikuti pelatihan. Karena pelatihan ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk menambah kompetensi Teknologi Informasi (TI) khususnya dalam pelaksanaan PJJ. Tujuan utama pelatihan ini adalah agar Bapak dan Ibu Guru mengenal, mengerti, memahami, mendalami, dan mampu mengaplikasikan Office 365 dalam PJJ.

Mengingat situasi dan kondisi pandemi covid, maka jumlah peserta pelatihan dibatasi hanya 30 orang saja. Dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat tentunya, ruangan yang dipakai pelatihan terbagi menjadi dua. Para guru yang mengikuti pelatihan diharapkan dapat mengimbaskan atau menularkan ilmunya kepada rekan-rekan guru lain, sehingga awal tahun ajaran baru nanti semua guru sudah dapat menerapkan Office 365 dalam PJJ masing-masing.

Adapun narasumber dalam pelatihan ini adalah Bapak Komariyanto, S.Pd. dan Masruhan Mufid, S.Pd., M.Kom. Dalam pemaparan materinya Bapak Mufid menerangkan bahwa Office 365 merupakan aplikasi buatan Microsoft yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses email, kontak, dokumen kalender, dan berkolaborasi di mana saja dengan menggunakan berbagai perangkat seperti komputer, laptop, tablet, android atau iPhone.

Fokus pada Office 365, Mufid menyatakan bahwa Office 365 terdiri dari sejumlah produk dan layanan. Semua komponen Office 365 dapat dikelola dan dikonfigurasi melalui portal online sederhana, seperti pengguna dapat ditambahkan secara manual atau diimpor dari file CSV. Office 365 menyertakan beberapa aplikasi produktivitas yang dirancang untuk kebutuhan kolaborasi di tingkat organisasi, departemen, dan tim. Saat ini, daftar alat kolaborasi termasuk One Drive for Business, SharePoint Online, Microsoft Teams, Yammer, Skype for Business, Outlook Online, dan Delve Board.  Di Microsoft Teams ada beberapa fitur seperti Obrolan, Rapat, Panggilan, Kalender, dan Kolaborasi. Dalam Kolaborasi kita bisa bagikan dan edit file secara real time dengan mudah menggunakan aplikasi yang tak asing lagi seperti Ms Word, Ms PowerPoint, dan Ms Excel.

Target pelatihan sampai pada penggunaan Microsoft Form. Microsoft Form adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat survei, kuis, dan lainnya dengan hasil yang otomatis bisa dilihat. Selain itu, data dari Microsoft Form ini juga langsung bisa diekspor ke Microsoft Excel. Pada kesempatan tersebut, peserta pelatihan diajarkan untuk membuat kuis dalam Microsoft Form.

Kegiatan pelatihan Microsoft Office 365 berakhir tepat pukul 16.00 WIB. Bapak dan Ibu Guru peserta pelatihan pulang dengan membawa ilmu yang sangat bermanfaat. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Semoga pemberdayaan SDM ini dapat mengejar langkah PJJ kita, agar lebih matang, menarik dan menyenangkan, baik bagi guru maupun peserta didik.

Penulis : Sunarti, S.Pd., M.Pd., Guru SMKN 5 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang