Lewat FIM Kompetensi Guru SMKN 1 Tuntang Makin Terasah

Rabu, 19 Mei 2021, SMK Negeri 1 Tuntang mengadakan kegiatan Forum Ilmiah Mingguan (FIM) yang kelima. Seperti sebelum-sebelumnya, FIM dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai dan diikuti oleh seluruh guru SMKN 1 Tuntang. Kali ini yang berkesempatan untuk menjadi narasumber adalah Ibu Naumi Ambarwati, S.Th.I., guru mata pelajaran Agama Kristen. Materi yang disampaikan berjudul Dasar Komunikasi. Menurut Effendi (1993), secara etimologis kata komunikasi atau communication berasal dari perkataan Latin communis yang berarti ‘sama,’ communico, communicatio, atau communicare yang berarti ‘membuat sama’ atau to make common.

Dimoderatori oleh Ibu Fajar Rosiati Jati, S.Pd., kegiatan FIM diawali dengan pre test, di mana para peserta diminta untuk menyelesaikan 20 butir soal pilihan ganda. Kemudian dilanjutkan dengan diputarkannya sebuah video tentang komunikasi yang kurang efektif antara seorang guru dan muridnya. Video tersebut merupakan video kartun yang lucu dan menarik, sehingga para peserta FIM menjadi lebih antusias dalam mengikuti acara dari awal sampai akhir. Selanjutnya adalah pemaparan materi Dasar Komunikasi oleh narasumber, serta adanya sesi tanya jawab. Sebagai penutup, para peserta diharuskan untuk mengerjakan soal post test. Nilai pre test dan post test dengan segera dirilis dan dibagikan melalui grup WhatApps.

“Progres teman-teman guru dalam penguasaan materi meningkat luar biasa. Hal ini terlihat dari hasil post test yang terus meningkat. Semoga kegiatan FIM menjadi motivasi teman-teman GTT dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi ASN PPPK Agustus besok,” papar Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd., Kepala SMKN 1 Tuntang. Sedangkan menurut Ibu Aristiani, S.Pd. guru mata pelajaran Produktif Tata Busana, FIM yang diadakan SMKN 1 Tuntang sangat bagus dan inovatif. “Kegiatan rutin FIM ini mampu mengasah kemampuan kami sebagai guru. Sehingga kami para GTT (Guru Tidak Tetap) lebih siap dan mumpuni dalam menghadapi seleksi ASN PPPK nantinya,” imbuhnya.

Dokumentasi FIM :

https://www.facebook.com/ardansirodjuddinriharto/videos/2770853446560845

 

Penulis             : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang