Kurangi Penyebaran Covid-19, Google Form Jadi Alternatif Daftar Ulang

Masa Penerimaan Calon Peserta Didik (CPD) di tahun 2021 sempat mengganjal pada sisi pelaksanaan, dimana Satuan Pendidikan tingkat SMA dan SMK Negeri khususnya di Kota Semarang dibuat bingung dikarenakan meluasnya penyebaran Covid-19 yang sulit dibendung. Walhasil, beberapa sekolah di bawah instruksi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 mengambil mufakat untuk melaksanakan daftar ulang secara daring penuh.

Tak terkecuali SMA Negeri 14, Ibu Kepala Sekolah ikut memberikan berbagai tanggapan untuk membendung lajur wabah covid-19.  ”Tanggap dengan situasi perkembangan covid yang terus meningkat, baik secara nasional maupun Jawa tengah, lebih khusus untuk kota Semarang dan beberapa personil keluarga SMA 14 yang juga ikut terpapar. Untuk membantu Pemerintah dalam menghambat atau menghentikan laju covid, maka daftar ulang CPD dirubah dari luring menjadi daring.” Respon Ibu Sulastri Kepala SMA Negeri 14 Semarang.

Mengomentari beberapa masukan yang ada, langkah cepat diambil panitia guna suksesi kepanitian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Selaku Panitia, Bapak Aklis Rosadi mengatakan bahwa mendukung kebijakan di rumah saja dapat mengurangi penyebaran virus tersebut; oleh karena itu, panitia meminta CPD untuk mengisi form secara online guna mengurangi dampak berkerumun di sekolah. Sekaligus, mereka diwajibkan mengumpulkan berkas dengan menggunakan jasa go send.

Akhirnya, google form dijadikan referensi alternatif guna menampung biodata CPD. ”Ya, melihat situasi seperti ini, kita menggunakan google form untuk daftar ulang. Supaya nanti kerja panitia terutama dalam mencari informasi no hp dan agama CPD menjadi mudah.” Tambah Aklis Rosadi.

Meskipun demikian, Bapak Ikhsan selaku Sekretaris PPDB menemukan kendala dimana tidak semua CPD memperoleh informasi tentang kebijkan ini secara detail dikarenakan semua informasi tertuang pada website sekolah. ”Akan tetapi, hal ini menguntungkan dikarenakan ada CPD yang sedang isolasi mandiri.” Imbuh Bapak Ikhsan.

Kegiatan PPDB berakhir dengan pembagian kelas X yang bisa diakses oleh semua CPD di website sekolah dan evaluasi secara teknis bagi panitia. ”Alhamdulillah kegiatan kita secara umum sudah selesai, kelas sudah diumumkan dan kepanitian secara umum baik dan lancar meskipun pada hal teknis ditemukan sedikit problem, ya karena memang situasi pandemi memang mendorong kita untuk seperti ini.” Ucap Ibu Satditi sebagai Ketua PPDB SMA Negeri 14 saat menutup acara.

Penulis : Muhamad Zayyinul Muttaqin, S.Pd dari SMA Negeri 14 Semarang