Yuk Intip Kegiatan MPLS di SMAHA!

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang disingkat dengan MPLS, merupakan momen yang dinanti-nanti peserta didik baru. Di momen tersebut, peserta didik dapat mengenal sekolah, guru, dan teman baru secara lebih dekat. Namun, di masa pandemi ini tidak memungkinkan untuk mengikuti MPLS secara tatap muka langsung. Maka dari itu, SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) mengemas MPLS tahun ajaran 2021/2022 ini secara daring melalui Zoom Meeting dan kanal YouTube.

MPLS yang dilaksanakan hari Senin sampai dengan Rabu, 12 sampai dengan 14 Juli 2021, dikuti oleh seluruh peserta didik baru dengan mengusung tema “Tegar di Tengah Keprihatinan, Menjadi Teladan Merajut Sukses Masa Depan.” Kegiatan ini dipandu oleh Miss Agita, guru Bahasa Inggris, Florian  siswa kelas XII IPS 2, dan Shabrina dari kelas XII IPS 2.  Setiap harinya, acara diawali dengan membaca dzikir pagi bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta menyanyikan mars dan hymne Hidayatullah.

“Selamat bergabung di keluarga besar SMAHA anak-anakku, semoga di sini kalian bisa menjadi insan khoiru ummah. Saya berharap agar seluruh siswa bisa selalu tegar dan prihatin dalam mensikapi keadaan saat ini dan selalu menjadi teladan dalam merajut kesuksesan di masa depan,” tutur Kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., saat menyampaikan sambutannya.

Susunan kegiatan di hari pertama terdiri dari opening ceremony MPLS, sambutan kepala sekolah, sosialisasi visi misi sekolah, sosialisai kurikulum, taaruf guru dan karyawan, serta taaruf siswa. Pada hari kedua, dilaksanakan sosialisasi oleh bidang kesiswaan, pencegahan penyebaran virus Covid-19, BUSHI (Budaya Sekolah Islami), bahaya pornografi dan NAPZA (narkotika, psikotropika, dan obat terlarang), pendidikan anti korupsi dan cinta tanah air, dan BK sahabat siswa. Di hari terakhir, MPLS ditutup dengan pengenalan budaya lokal dan pengenalan organisasi di SMAHA seperti OSIS, ROHIS, Dewan Ambalan, PMR, dan ASKAR.

Meski berlangsung secara virtual, panitia MPLS mengemas acara dengan apik. Seluruh kegiatan dibuat bervariasi, salah satunya adalah game dan pemutaran film pendek sehingga tidak membosankan. Para siswa baru pun terlihat sangat aktif dan antusias. Mereka mengikuti seluruh rangkaian acara dengan baik. Di sesi akhir kegiatan MPLS, dibagikan reward kepada beberapa siswa yang memenangkan lomba dengan beberapa kategori, di antaranya peserta teraktif, yang dimenangkan oleh Atha Bayubening dan Kania Asysyifa. Kategori  video terbaik, dimenangkan oleh Haidar Zahwan El Fahmi, Hadyandra Dhani Alfandri, Nashwa Tasida Rifma, dan Zahra Shafira. Kategori ta’aruf, dimenangkan oleh Bima Putra K, Raffi Yudhistira Ulul A, Anggraeni Putri R, dan Anisa Mudrikah W. Selamat kepada para pemenang.

Saat menyampaikan kesan dan pesan dalam mengikuti kegiatan MPLS, salah satu siswa baru bernama Beauty Chelsea mengatakan, “Kegiatan MPLS yang dilakukan sangat menarik dan seru. Menambah pengalaman yang sangat bermanfaat untuk ke depannya. Semoga segenap panitia MPLS dan Bapak Ibu Guru SMAHA senantiasa semangat membimbing saya dan teman-teman untuk menjadi insan khairu ummah.” Selamat bergabung di SMAHA. Ayo lejitkan kemampuan kalian di sini!

 

Penulis: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang