Guru dan Siswa SMAHA Uji Swab Antigen di Tengah PTM

Rabu, 13 Oktober 2021, SMA Islam Hidayatullah melaksanakan tes swab antigen kedua. Kegiatan ini merupakan bentuk realisasi program pemerintah Kota Semarang dengan puskesmas Padangsari bagi sekolah yang sudah melaksanakan PTM atau Pembelajaran Tatap Muka. Tujuannya adalah untuk mewujudkan PTM terbatas yang aman dari virus Covid-19.

Pelaksanaan swab dilaksanakan di ruang aula SMAHA dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para guru dan siswa masuk ke ruangan secara bergantian dan diatur oleh tim kesehatan SMAHA.

 “Alhamdulillah pelaksanaan tes swab ini berjalan lancar dan baik. Namun, ada beberapa guru maupun siswa yang merasa nervous karena tes ini dilaksanakan secara sampling. Jadi, hal tersebut wajar,” tutur Ibu Sri Widayati, S.Pd., selaku ketua tim satgas Covid-19 SMAHA.

Sebelumnya, kegiatan swab ini pernah dilakukan pada saat simulasi PTM di bulan September 2021. Pada saat itu hanya diikuti oleh lima siswa dan lima guru. Sedangkan untuk tes swab yang kedua ini diikuti sebanyak 12 siswa dan 13 guru yang dipilih secara sampling. Alhamdulillah sebanyak 25 (dua puluh lima) alat tes swab antigen menunjukkan hasil negatif.

 Resty, kelas XI IPS 2, salah satu siswa yang melakukan tes swab merasa senang sekaligus takut ketika hendak diswab. Karena ini merupakan pertama kalinya dia melakukan swab. “Rasanya seperti ada air yang masuk,” ungkapnya.

Semoga melalui ikhtiar ini bisa membebaskan warga SMAHA dari virus Covid-19 dan bisa melanjutkan kegiatan PTM dengan lancar.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang