SMAN 16 Semarang Gelar Workshop Penguatan Kompetensi Digital Menuju Sekolah Merdeka Belajar

SMA Negeri 16 Semarang menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi  Guru dan Tenaga kependidikan yang mengusung tema sentral yaitu  peningkatan Kompetensi  digital menyonsong era Sekolah Merdeka Belajar.  Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kasi SMAN dan SLB, Bapak Toenggoel Rahso Poernomo, S.Sos, MM. Dalam sambutan pembukaannya beliau menyampaikan pesan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Semarang, bahwa Guru sekarang ini harus mampu berkreasi, berinovasi dan berkemampuan menyampaikan bahan ajar kepada siswa dengan cara-cara yang efisien, efektif dan menyenangkan. Selain itu peningkatan kompetensi mengajar harus dibarengi dengan upaya solutif dalam menyelesaikan kendala belajar dan hambatan teknis/non teknis di lapangan. Sehingga siswa dapat berkomunikasi dan berimajinasi  secara apik, lugas dan tuntas dengan media digital yang semakin berkembang.

Bekerja sama dengan  BPTIK ( Balai Pengembangan Tekonlogi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (BPTIK DIKBUD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, workshop menjadi semakin seru  ketika Tim Ahli memberi paparan tentang prinsip pengembangan media pembelajaran dan proses pembuatan video pembelajaran. Tahapan diawali dengan ; 1) kegiatan merancang video, 2) teknis produksi dan editing, dan berakhir dengan 3) unggah hasil video pembelajaran.

Semakin menarik saat sesi Penguatan Semangat Guru Belajar diberikan oleh Wakasek Kurikulum, Bapak Sunarno S.Pd. Peserta berperan aktif saat memberikan evaluasi dan sekaligus merumuskan solusi bersama guna kemajuan SMAN 16 Semarang. Didampingi oleh Tim Pengembang IT sekolah, Bapak Idhi Tri Atmojo, S.Kom, peserta dilatih melakukan Problem Sloving  terhadap masalah penggunaaan media pembelajaran mulai dari tingkat sederhana maupun sedikit kompleks.

Sebagai sekolah pengembang Adiwiyata di Kota Semarang, kegiatan ini ditandai dengan penyerahan cindera mata berupa bibit Pepaya Jinggo ( carica papaya )oleh kepala sekolah Ibu Wiwin Sri Winarni, S.Pd  kepada perwakilan dari Cabang Dinas Wilayah I Semarang, dengan disaksikan oleh Pengawas Pembina Bapak S. Panca Mulyadi, S.Pd., M.Pd. Semangat Merdeka Belajar menuju transformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila.

 

Penulis : Sunarno S.Pd & Rahna Kalipasa, A.Md

Editor : Sigit Pandu C.S.Pd M.Pd