Peneliti Muda SMAN 3 Semarang Sabet Juara I LKTI Tingkat Nasional Eption

Peneliti muda SMA 3 Semarang atas nama Ibrahim Imam Rashdan dan Annisa Kartika Sari, kelas X MIPA 9, berhasil meraih Juara I pada  Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional EPTION (Enviro Paper Competition) 2021, yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang.

Karya tulis yang mengantarkan keduanya meraih juara I tersebut berjudul “Monitoring Lingkungan Rawan Banjir di Propinsi Jawa Tengah dengan Dektektor Banjir berbasis Internet (Website)”. Perjalanan ke tangga juara diawali dengan lolos pada seleksi abstrak dan masuk ke tahap 15 besar peserta terbaik, kemudian dari 15 abstrak terbaik diseleksi lagi dan dikerucutkan menjadi 5 besar terbaik, yang selanjutnya bertarung di babak grand final pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 secara daring.

Dalam presentasi di babak final, Ibrahim dan Annisa berhasil mencuri perhatian para juri untuk hasil pengujian detektor banjir dengan tingkat kecepatan 1 byte/detik pada proses pengiriman sinyal deteksi menuju server, yang kemudian informasinya bisa diakses secara real time melalui aplikasi berbasis website. Pengujian yang dilakukan juga menghasilkan tingkat keakuratan dan validitas  sebesar 100 persen terhadap efektifitas detektor.

Keberhasilan dan prestasi yang diraih siswa dalam EPTION 2021 merupakan buah dari upaya sekolah yang terus memotivasi para siswanya untuk selalu berinovasi melakukan penelitian demi penelitian. SMAN 3 Semarang yang menasbihkan sebagai “sekolah riset” dengan branding “a Research School to Nurture Spectacular Generations” raihan prestasi dalam ajang EPTION 2021 ini semakin menambah panjang daftar peraih medali dalam bidang penelitian di tahun 2021. Tekad menjadi sekolah riset semakin nyata dengan terus melahirkan peneliti-peneliti muda yang spectacular.

https://sman3-smg.sch.id/penelitian-tentang-detektor-banjir-mengantarkan-siswa-sma-3-raih-juara-i-eption-2021/

Penulis : Arief Wakakom SMAN 3 Semarang