Kepala SMKN 11 Semarang Menjadi Juara Nasional Kepala Sekolah Inspiratif Tahun 2021

Kepala SMK Negeri 11 Semarang, Drs. Agus Triyanto, M.Si menjadi juara nasional pada apresiasi Kepala Sekolah Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Inspiratif Tahun 2021. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat  Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Praktik terbaik yang dilakukan adalah Bergerak Dengan Hati Pulihkan Pendidikan Melalui Sistem Kebijakan “Si OB”  (Simpel, Optimal, dan Berkualitas).

Simpel

Memanfaatkan Google Drive sebagai Portal PJJ. Mengapa Google Drive menjadi pilihan? Karena :

  1. Pengembangannya dapat disesuaikan dengan karakteristik tiap-tiap kompetensi keahlian
  2. Mudah dikelola oleh guru maupun admin. Contoh : guru dapat melakukan update materi, tugas, serta tempat pengumpulan tugas dengan mudah
  3. Mudah digunakan oleh siswa maupun guru. Contoh : guru-guru yang senior tidak terlalu lambat beradaptasi dengan portal belajar
  4. Dengan seringnya masyarakat menyebut “Tanya Mbah Google” menjadikan portal belajar berbasis google ini sangat familiar dan mudah diingat

Pemanfaatan portal PJJ sebagai LMS yang simpel ini tetap berorientasi pada ketercapaian penyelenggaraan pembelajaran di sekolah yang kontekstual. Sistem pembelajaran yang kontekstual akan memberikan dampak bahwa sistem pembelajaran di sekolah akan terkoneksi dengan perkembangan DUDIKA. Untuk mendukung pembelajaran yang terukur dan berkualitas maka guru diberikan kemerdekaan untuk melakukan adaptasi kurikulum sesuai kebutuhan belajar pada masa pandemi ini.

Optimal

Portal belajar dapat digunakan baik untuk keperluan PJJ maupun Hybrid antara PJJ dan Luring/offline. Dengan demikian menunjukkan bahwa portal ini dapat berfungsi secara optimal dalam berbagai kondisi. Jika kondisinya harus full PJJ dapat dimanfaatkan. Jika kondisinya harus Hybrid juga bisa dimanfaatkan. Bahkan jika pada saatnya nanti pembelajaran sudah full Luring/offline, portal ini tetap bisa digunakan untuk keperluan pembelajaran asinkron.

Berkualitas

1. Meskipun pengembangan sistem portal belajar sederhana, tetapi pembelajaran tetap dapat berlangsung dan terukur. Kemampuan kebijakan sistem pembelajaran dalam mengukur proses KBM menjadikan kualitas KBM tetap terjaga dengan baik. Selain itu dengan portal belajar yang sederhana ini Kepala Sekolah juga dapat melakukan supervisi di kelas-kelas virtual meskipun cukup dari ruang kepala sekolah saja.

2. Salah satu bukti nyata KBM berkualitas yakni dengan adanya beberapa siswa yang dapat terserap oleh industri dan UMKM meski belum lulus sekolah.

Dengan adanya kemerdekaan yang diberikan kepada guru dalam melakukan inovasi pembelajaran maka guru memiliki ruang untuk melakukan inovasi pembelajaran. Salah satu wujud inovasi dalam proses KBM adalah dengan memanfaatkan Instagram sebagai database karya siswa. dalam perkembangannya saat ini Instagram tidak hanya digunakan sebagai database karya siswa tetapi lebih jauh dari itu yakni sebagai social media marketing. Praktik baik ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi seluruh pegiat pendidikan di seluruh Indonesia. Dengan demikian tidak akan ada lagi kekhawatiran terjadinya learning loss akibat pandemi COVID-19.