SMAHAFEST 2022: Melestarikan Budaya Indonesia Melalui Karya

SmahaFest merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SMA Islam Hidayatullah Semarang (SMAHA). Kali ini, SmahaFest bertema Spectalencia (Spectacular In Digital Era Collaborates with Indonesian Culture) yang bermakna kita harus melestarikan budaya kita yaitu budaya Jawa yang tetap sesuai dengan alur zaman berteknologi. Acara yang merupakan kolaborasi OSIS SMAHA dengan beberapa organisasi lain ini, memfasilitasi berbagai macam lomba untuk tingkat SMP/MTs. Ada 7 macam lomba di antaranya Poster Digital, Murattal Sari Tilawah, Fotografi, Speech Contest, Badminton, Lomba Cerdas Cermat dan Cover Lagu Religi. Khusus lomba Cover Lagu Religi dibuka pendaftaran untuk SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

SmahaFest Spectalencia 2022 diselenggarakan dalam beberapa hari. Pendaftaran dibuka sejak 17 Januari 2022, kemudian diadakan technical meeting sebagai bentuk pengulasan syarat lomba pada tanggal 18 Februari 2022. Sedangkan untuk rangkaian kegiatan SmahaFest dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 5 Maret 2022. Puncak kegaiatan SmahaFest dilaksanakan pada Sabtu, 5 Maret 2022. Dalam puncak acara SmahaFest ada berbagai acara menarik nan inovatif yang berasal dari ide peserta didik SMA Islam Hidayatullah dan dibantu oleh Guru-guru SMA Islam Hidayatullah yaitu Pensi SmahaFest. Selain disambut dengan tarian  Gebyar Smaha, di tahun ini juga perdana diadakan Jingle SmahaFest yang berisi kata-kata semangat dan mengangkat tema Spectalencia di setiap liriknya. Jingle ini berasal dari alat musik drum, gitar elektrik, gitar bass, keyboard dan vokal yang murni dari bakat peserta didik SMA Islam Hidayatullah. Dalam acara puncak ini banyak sekali karya peserta didik SMAHA yang ditampilkan. Dalam kesempatan ini pula diumumkan para pemenang lomba yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Acara SmahaFest yang terselenggara dengan baik dan sangat meriah ini didukung oleh beberapa pihak luar yaitu Pindad International Logistic, Cantya Hotel Yogyakarta, Girez Recording Studio, Bimbingan Belajar Neutron, CV. Integritas Mulia, PT. Indonesia Bumi Utama, PT. Najjah Tour and Travel, Ruang Tamu coffee and eatery, Klinik Gigi ODAC Family Jatingaleh, Indosat Ooredoo Hutchison, Emina Cosmetic, Karpet Karakter Semarang, dan Universitas Dian Nuswantoro. Serta pastinya dukungan dan restu dari Dinas Cabang Wilayah 1 Jawa Tengah, Yayasan Abul Yatama, dan LPI Hidayatullah.

 

Penulis : Sekar Ramya, Humas OSIS SMAHA

Editor  : Nurul Rahmawati, S.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang