UKK secara Luring di Kompetensi Keahlian ATPH SMKN 1 Bawen

Pada tanggal 14 – 24 Maret 2022, Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hotikultura (ATPH), menyelenggarakan kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Kegiatan UKK ini diikuti oleh 134 peserta didik dari kelas XII ATPH A, B, C, dan D dengan dua skema, yaitu Budidaya Tanaman Hias (Anggrek) dan Pembudidaya Hortikultura.

Skema pertama yang diujikan di Kompetensi Keahlian ATPH adalah mata uji Budidaya Tanaman Hias (Anggrek). Pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 14 – 15 Maret 2022. Kegiatan UKK Kompetensi Keahlian ATPH ini dilaksanakan secara mandiri bersama mitra dunia usaha/industri dari Taman Anggrek Borobudur Magelang yang diwakili oleh Dian Rahmawati Harsono, SP.

Adapun Langkah-langkah yang dilakukan pada tahap pengujian ini adalah persiapan alat dan bahan praktik tanaman hias anggrek, persiapan alat dan bahan ZPT pada anggrek, aplikasi ZPT pada anggrek, aklimatisasi anggrek, sterilisasi media anggrek, menanam anggrek dari kompot/ kumpulan dalam pot, repoting anggrek, memelihara instalasi hidroponik, serta membentuk tanaman hias adenium.

Skema kedua yang diujikan adalah mata uji Pembudidaya Hortikultura. Pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 16 – 24 Maret 2022. Kegiatan UKK Kompetensi Keahlian ATPH ini dilaksanakan secara mandiri bekerja sama dengan perwakilan dari Kebun Benih Hortikultura (KBH) Kopeng, yaitu Tony Suhartono.

Kemudian kompetensi yang diujikan dalam skema ini meliputi identifikasi dan pengoperasian traktor, penyemaian benih cabai, penanaman bibit kelengkeng, penanaman benih edamame, pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT), hingga panen dan pasca panen.

Penulis : Dinar Ristikawati, SP., Gr. Humas ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura)