Guna Tingkatkan Keseriusan Dalam Ujian Sekolah, Sekolah Hadirkan Siswa Ke Sekolah

Semarang, 29/03/22. Mengacu pada Surat Edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yaitu Ujian Sekolah (US) yang dilaksanakan pada minggu terakhir di bulan Maret, SMA Negeri 14 Semarang memulainya di tanggal 28 Maret 2022 dengan mendatangkan siswa-siswi kelas XII ke sekolah. Pelaksanaan ujian tersebut dilaksanakan selama seminggu ke depan yang dimulai tanggal 28 Maret – 07 April 2022. Meski siswa diminta untuk ke sekolah, mereka mengerjakan soal-soal tersebut secara online. “Sekolah memilih tes secara luring berbasis android/komputer dan siswa wajib hadir di sekolah selama pelaksanaan US”, Ucap Ibu Rina Lukitasari selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

Dengan cara mengakses ke laman Fresto yang telah dipersiakan oleh panitia ujian akhir, sekolah menegaskan melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Rina Lukitasari, S.Pd., bahwa penilaian yang diselenggarakan secara luring ini bertujuan untuk meningkatkan keseriusan dalam mengerjakan tes, meminimalisir keterlambatan siswa dalam mengerjakan tes, mengurangi kecurangan siswa dengan peran pengawas ruang, serta hasil pekerjaan siswa dapat dipertanggungjawabkan, serta wajib menunjukan surat dokter jika sedang sakit untuk dapat mengikuti US dari rumah.

Sekolah pun bertanggung jawab dalam penyediaan fasilitas bagi siswa-siswi yang mengalami masalah dalam mengerjakan US. “Sekolah juga menyediakan labkom bagi siswa yang perangkat HP/Laptopnya mengalami masalah dan kuota bagi siswa yang kurang mampu.” Imbuh Bu Rina.

Penulis : Muhamad Zayyinul Muttaqin, S.Pd., M.Pd.