Pemasangan Sistem Fentilasi pada Kandang Bromaxx di SMK Negeri 1 Bawen

Tahukah kalian bahwa kerjasama antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) sudah sejak lama dicanangkan. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dimana bentuk kerjasama antara kedua belah pihak terus dilakukan untuk penguatan Link n Matchnya.

Menyikapi hal ini, SMK Negeri 1 Bawen berusaha menjalin hubungan yang baik dengan berbagai pihak DU/DI. Salah satunya adalah kerjasama SMK Negeri 1 Bawen dengan pihak pemerintah Belanda di bidang peternakan. Kerjasama ini dibiayai oleh pihak Nuffic dari Belanda dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru peternakan. Dalam kerjasama ini, SMK Negeri 1 Bawen dikenalkan dengan JPE (Jansen Poultry Equipment), sebagai perusahan rekanan yang menyediakan berbagai macam peralatan peternakan yang sudah sangat dikenal di Belanda. Salah satu produk unggulannya adalah Bromaxx Broiler Colony System (Sistem Peternakan Ayam secara Koloni, Bromaxx)

Bentuk kerjasama ini terdiri dari beberapa tahap. Pertama adalah tahap pembangunan gedung yang sudah dimulai pada tahun 2018. Tahap yang kedua adalah penginstalan sistem ventilasi kandang Bromaxx, yang sudah dilakukan pada tanggal 6 – 9 April 2022, dengan perusahaan rekanan SKOV, yang mendatangkan Purushothaman Citibabu sebagai teknisinya. Pemasangan sistem ventilasi kandang ini tidak dilakukan sendirian oleh Purushothaman, akan tetapi dibantu degan beberapa teknisi lokal seperti ahli listrik, ahli sipil serta ahli mekanik mesin yang andal di SMK Negeri 1 Bawen.
Tahap ketiga adalah tahap penginstalan perlengkapan kandang Bromaxx yang akan dilakukan oleh JPE (Jansen Poultry Equipment). Setelah semua rangkaian selesai. Setelah itu, dilakukan proses tahap akhir comissioning oleh perusahaan SKOV.

Nah Sobat SMK, jadi masih ada beberapa tahapan lagi yang harus dilakukan oleh SMK Negeri Bawen untuk mempunyai sebuah kandang ayam modern. Kandang ini nantinya bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran peserta didik maupun sebagai kandang percontohan bagi sekolah-sekolah ataupun instalasi lain yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang sistem kandang modern Bromaxx.

Doakan semuanya berjalan dengan lancar ya! Salam SMK Hebat!