Latih Kepedulian Siswa SMAN 7 Semarang di Moment Idul Adha 1443 H

Memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 H, Seluruh warga SMA Negeri 7 Semarang menyelenggarakan kegiatan Salat Idul Adha berjamaah di lapangan sekolah. Hadir Kepala SMAN 7 Semarang, Bapak Sugiyo, S.Pd., M.Kom., bertindak sebagai imam dan khatib. Sementara yang bertugas sebagai bilal adalah Faras Hibatullah Hertito, peserta didik kelas XII (dua belas) MIPA 3.

Dalam kutbahnya, Bapak Sugiyo, S.Pd., M.Kom. memaparkan kisah-kisah yang dapat diteladani dari Nabi Ibrahim, A.S. Melihat ketaatan Nabi Ibrahim tersebut, hendaknya yang hidup di masa setelahnya bisa meneladani sifat Beliau dalam menjalani kehidupan ini. Apa yang kita punya saat ini bukanlah sepenuhnya milik kita, namun merupakan titipan dari Yang Maha Kuasa.

Selain melaksanakan Salat Idul Adha berjamaah, SMAN 7 Semarang juga melakukan penyembelihan hewan kurban. Penyembelihan dilaksanakan pada hari Senin, 11 Juli 2022, dengan melibatkan seluruh warga sekolah.

“Idul Adha kali ini, terkumpul tiga ekor sapi. Daging kurban akan dibagikan kepada siswa dan masyarakat sekitar SMAN 7 Semarang. Pelaksanaan kurban diharapkan dapat melatih peserta didik untuk mengorbankan sebagian hartanya untuk mendekatkan diri pada Alloh,” kata Pak Abu Khoir, S.Pd.I., guru Pendidikan Agama Islam.

Avita Dian Anggraeni, siswa kelas XI (sebelas) MIPA 1 selaku ketua panitia acara, mengatakan bahwa peringatan Idul Fitri Adha tahun ini merupakan pengalaman pertama baginya menghandle pelaksanaan kurban. Banyak hal yang dia dapatkan dalam pelaksanaan kurban tahun ini.

“Ini pengalaman pertama saya. Dalam acara peringatan Idul Adha 1443 H saya dapat belajar kerja sama, melatih tanggung jawab serta memupuk rasa kepedulian terhadap sesama,” kata Avita Dian Anggraeni.

Nilai-nilai dalam kegiatan Idul Adha sejalan dengan Profil Pelajar Pacasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Penulis            : Humas SMAN 7 Semarang

Editor               : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang