REKRUTMEN PT. SCI DI SMKN 1 PABELAN

SMK Negeri 1 Pabelan merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Pabelan yang sudah berdiri sejak 12 tahun yang lalu. Dengan konsentrasi pada 4 (empat) program keahlian yakni Tata Busana (TB), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) atau sekarang mejadi Teknik Otomotif (TO) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG), sebutan pada kurikulum baru kurikulum Merdeka Belajar 2022.

Di bawah kepemimpinan Ibu Tutik Mardining Lestari, S.Pd., M.Pd., SMKN 1 Pabelan telah berhasil membuat terobosan-terobosan dan inovasi pelbagai bidang. Selain melengkapi infrastruktur juga berhasil mengembangkan SDM, input maupun output lembaga. Hal ini terbukti dari jumlah siswa yang semakin bertambah menjadi 250 siswa dengan jumlah rombel 24. SMKN 1 Pabelan sudah mulai dikenal masyarakat dengan berbagai fasilitas akademis mapun non akademis, termasuk Bursa Kerja Khusus (BKK) yang bergerak khusus memfasilitasi  penyaluran tenaga pada perusahaan atau DUDIKA di wilayah Kabupaten Semarang, Salatiga, Jawa tengah sampai Jabodetabek.

Mulai awal bulan September 2022, Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 1 Pabelan berhasil bekerjasama dan mendapat kepercayaan dari PT. Selalu Cinta Indonesia (SCI) untuk memfasilitasi proses rekrutmen calon karyawan baru di tahun 2022. Sejak dibuka program rekutmen PT. SCI di SMKN 1 Pabelan pada beberapa hari yang lalu, berhasil menerima pendaftar calon karyawan PT. SCI sebanyak 1961 yang terdiri dari 1281 jumlah pelamar laki-laki dan 680 pelamar perempuan. Semua pelamar berasal dari berbagai daerah Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, Kabupaten Pekalongan, Kota Salatiga dan sekitarnya. Alur proses rekutmen yang harus dilalui oleh calon karyawan PT. SCI Salatiga selain mengirim berkas penunjang sebagai modal kualifikasi data pelamar, juga berlanjut proses wawancara yang berlangsung dalam dua bagian karena beberapa pertimbangan.

Proses wawancara berlangsung pada Senin 12 September 2022, bagi pelamar laki-laki bertempat di perusahaan PT. SCI Salatiga dan bagi pelamar perempuan bertempat di SMKN 1 Pabelan. Proses wawancara tersebut terbagi menjadi beberapa gelobang. Gelombang pertama berlangsung kurang lebih 8 jam mulai pukul 07.30 sampai 14.00 WIB yang diikuti oleh sejumlah 132 peserta perempuan. Kegiatan ini berlangsung lancar dan terkendali berkat kerjasama kedua belah pihak yang saling mendukung. Semoga kerjasama ini terus berlangsung dan berkelanjutan dalam upaya membangun generasi SDM yang cakap, lembaga pendidikan yang berkualitas dan dunia kerja yang produktif.

 

Penulis : Hananto Hidayat, Guru SMKN 1 Pabelan

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang