Raih Keberkahan dengan Bersedekah di Jumat Berkah

Pada Jumat siang pukul 11.45 WIB, peserta didik, guru, karyawan beserta mahasiswa PPL di SMK Negeri 2 Semarang berkumpul di masjid sekolah untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat berjamaah. Sebagaimana runtutan kegiatan sholat Jumat pada umumnya diawali dengan Adzan pertama yang bertujuan untuk memanggil para jamaah dan dilanjutkan dengan adzan kedua sebagai pertanda bahwa Khutbah akan segera dimulai. Jumat kali ini khatib yang menyampaikan khutbah yaitu Bapak Burhanuddin, guru Agama Islam dengan tema khutbah tentang “Kelahiran Rasulullah SAW.”

Sesuai dengan bulan Islam pada sekarang ini yaitu bulan rabiul awal, di mana pada bulan ini Nabi Muhammad SAW dilahirkan sebagai nabi yang paling agung dan mulia. Tugas Beliau yakni sebagai suri tauladan Uswatun Khasanah bagi para umatnya. Seluruh jamaah mendengarkan dan memperhatikan khutbah yang disampaikan oleh Bapak Burhanuddin. Setelah khutbah berakhir, dilanjutkan dengan doa dan shalat Jumat berjamaah secara khusyuk. Saat shalat Jumat berakhir, para jamaah meninggalkan masjid satu-persatu dan terlihat kegiatan pembagian nasi bungkus yang dibagikan oleh anggota Rohis SMKN 2 Semarang.

Kegiatan Jumat berkah ini rutin dilakukan oleh anggota Rohis SMKN 2 Semarang. Sebagaimana ada hadist yang memiliki arti bahwa “tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya” (H.R. Abdurrazaq dalam Al-Mushannaf). Setelah kegiatan Jumat berkah selesai, peserta didik, guru, karyawan beserta mahasiswa PPL SMKN 2 Semarang melanjutkan kembali kegiatan sekolah yang sudah terjadwal sebagaimana mestinya.

 

Penulis           : Dewi Sri Agustina, PPL UIN Walisongo Semarang

Editor 1          : Tim Humas SMKN 2 Semarang

Editor  2        : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang