Rapat Koordinasi Percepatan Progress Capaian Tracer Study SMK Tingkat Cabdin I dan Cabdin 5 Propinsi Jawa Tengah

Kamis 20 Oktober 2022 pukul 09.00 WIB berlangsung Zoom  tentang tracer ztudy dan rapot mutu pendidikan yang diikuti oleh sekolah-sekolah di wilayah cabdin 1 dan cabdin 5 propinsi Jawa Tengah. Dengan nara sumber kasie SMK Cabdindikwil 1 Propinsi Jawa Tengah Bapak Andang Fitriadi,S.E.,M.Si.

Pada sesi rapat koordinasi ini narasumber membahas tentang desain tracer study pendidikan vokasi tahun 2022 tentang Dasar hokum tracer study, Tujuan tracer study,Manfaat tracer study, Yang diukur dalam tracer study, Sasaran tracer study, Mekanisme pelaksanaan tracer study, Platform yang digunakan,hapan dan Progress.

Dari Progress data terakhir tanggal 20 Oktober 2022 tracer study yang telah dilaksanakan diperoleh data sebagai berikut (3 besar dari cabdin 1 )antara lain : Peringkat 1 oleh SMKN 4 dari total 557 siswa tertracer berhasil mentracer  326 siswa atau sebesar prosentase sebesar 58,5%, Peringkat 2 oleh SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti dari total 221 siswa tertracer berhasil mentracer 187 siswa atau sebesar  84,6% dan Peringkat 3 oleh SMK Negeri 6 Semarang dari total siswa 444 siswa tertracer berhasil mentracer 183 siswa atau prosentase 41,2%.

Sedangkan materi perencanaan berbasis data antar lain dengan materi alur materi perencanaan berbasis data di satuan pendidikan antara lain: merdeka belajar dan Perencanaan Berbasis data, Profil dan platform Rapor Pendidikan, Perencanaan Berbasis Data di Satuan Pendidikan, Monitoring dan evaluasi. Berbagai kebijakan Merdeka belajar tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Transformasi satuan pendidikan dalam merdeka belajar antara lain satuan pendidikan yang brepihak pada murid, Satuan Pendidikan yang menciptakan lingkungan belajar yang nyaman menyenangkan dan inklusif, satuan pendidikan mengemabngkan budaya refleksi, hasil belajar harus mengalami peningkatan terutama kompetensi fondasi seperti literasi, numerasi dan karakter.

Transformasi satuan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan dimulai dengan perencanaan berbasis data yang dilakukan di tingkat pemerintah daerah dan satuan pendidikan. Dengan fasilitasi Kemendikbudristek untuk melakukan perencanaan berbasis data.

Baca Juga :
https://www.smk4smg.sch.id/      

https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom