Workshop Anti Bullying (Perundungan) di SMKN 4 Semarang

Bertempat di Aula SMKN 4 Semarang jalan Pandanaran 2 No 17 Kota Semarang, Kamis 6 Oktober 2022, pukul 08.00 sd 12.00 WIB. dalam acara Workshop Penerapan Sekolah Bebas Perundungan ( Bullying) dengan Nara Sumber Abdul Kholik dari Sekolah Karakter Imam Safii, dengan dihadiri 40 peserta yang berasal dari Guru SMKN 4 Semarang.

Nara Sumber yang sudah mengantongi jam terbang yang tinggi sebagai nara sumber diberbagai forum memaparkan makna bullying sebagai segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu kelompok atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, bertujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Menanamkan pemahaman terhadap guru sebagai agen perubahan pencegahan bullying terhadap siswa, memahami karakteristik siswa sebagai pribadi yang unik sangat diperlukan sehingga pengajaran selaras dengan hakikat pendidikan sebagai sebuah taman belajar yang menyenangkan yang memperkatikan karakteristik siswa. Bentuk bullying yang kerap terjadi antara lain berupa fisik,social,verbal mapun cyber bullying. Dampak bagi siswa antara lain dia dapat menjadi pendukung bullying, bersikap masa bodoh ataupun ketakutan.

Pembelajaran dalam bullying sejatinya bullying adalah potensi anak yang belum muncul atau jeritan hati anak akibat terluka jiwanya. Dengan menumbuhkan kesadaran mencintai, kagum sehingga anak merasa disayangi, dengan 5 bahasa kasih saying yaitu memberikan pujian, rasa kebersamaan, memberi hadiah, melakukan pelayanan dan sentuhan. Guru yang dewasa atau Guru berkarakter yang dapat menyajikan Bahasa kasih saying terhadap siswa.

Kesimpulan dari workshop ini adalah jika terjadi bullying deteksi dulu konsisi anak apakah bullying merupakan potensi atau akibat luka hati, deteksi kondisi perkembangan karakter anak manakah yang tidak tumbuh apakah iman, ilmu atau amalnya, Tindakan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi anak apakah dengan Bahasa hati, Bahasa lisan/tulisan atau Bahasa ketegasan.

Baca Juga :
https://www.smk4smg.sch.id/      

https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom