Workshop Perancangan IKM dan Pengembangan Media Pembelajaran di SMKN 4 Semarang

Bertempat di Aula SMKN 4 Semarang jalan Pandanaran 2 No 17 Kota Semarang, Kamis,  20 Oktober 2022, pukul 08.00 sd 12.00 WIB. dalam acara Workshop Perancangan IKM dan Pengembangan Media Pembelajaran dengan Nara Sumber Masruhan Mufid ,S.Pd,M.Pd seorang  Classpoint Certified Trainer, Fasilitator Sekolah, PenggerakInfluencer dan juga Youtuber.

Workshop kali ini lain dengan workshop seperti biasa, diawal workshop Kepala SMKN 4 Semarang mempersembahkan sebuah vlog dengan menampilkan komunikasi dengan 4 bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa jawa, Bahasa Inggris dan Bahsa Jepang. 4 Bahasa komunikasi yang ada dalam pembelajaran di SMKN 4 Semarang. Word Cloud dan short answer,

Narasumber kali ini menampilkan materi tentang media pembelajaran yang kekinian, Materi workshop kali ini antaralain: Pengenalan Classpoint,Tutorial Kode kelas,Anotasi, Polling, Whiteboard, Fitur Quiz Multuple Choice, Materi menarik lainnya adalah menambah logo dan chat whatsapp di linktree, Cara membuat banyak linktree dari 1 akun email, Pohon Link untuk pembelajaran (linktree) disertai dengan tutorial youtube.

Sebagai seorang fasilitator sekolah penggerak, youtuber juga narasumber belajar era 4.0 materi dari beliau diterapkan dalam pembelajaran yang sekarang dengan mengangkat ketrampilan abad 21 yaitu 4C yaitu Critical Thinking, Comuunication, Collaboration,Creative dan Inovatif diharapkan terjadinya pembelajaran yang menyenangkan dengan media yang interaktif dan komunikatif sesuai dengan perkembangan zaman serta mengeksplore pengetahuan dan ketrampilan nyata sebagai pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Narasumber mengajak seluruh guru untuk mengemabngkan kemampuan pada kompetensi pedagogic dengan menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan situasi belajar yang komunikatif, mudah dan meringankan tugas guru dengan pembelajaran kolaboratif dan penggunaan teknologi informatika makin dikuasai guru pada era sekarang.

Baca Juga :
https://www.smk4smg.sch.id/      

https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom