Temukan Tips dan Trik Menulis: Siswa SMAHA Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Rabu, 7 Desember 2022, siswa SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) mengikuti pelatihan jurnalistik. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara SMAHA dengan  LKBN (Lembaga Kantor Berita Nasional) ANTARA Jawa Tengah. Kegiatan yang mengusung tema Literasi Untuk Negeri, dilaksanakan di ruang meeting SMAHA. PP Humas SMAHA, Ibu Nunung Kusumawati, S.S., menyampaikan jika acara pelatihan jurnalistik memiliki banyak manfaat untuk siswa. “Wahyu pertama yang Rasul terima adalah surat Al-Alaq, pada ayat pertama berbunyi iqro atau bacalah. Dari surat Al-Alaq bisa kita simpulkan jika Allah meminta kita belajar membaca apa pun yang bermanfaat,” tambah Ibu Nunung Kusumawati, S.S. saat menyampaikan sambutan.

Kegiatan ini terbagi dari tiga sesi. Sesi pertama yaitu materi menulis disampaikan oleh Ibu Nur Istibsaroh. Kemudian dilanjutkan sesi kedua yaitu materi foto disampaikan oleh Bapak Aji Setiawan. Serta materi ketiga yaitu video disampaikan oleh Bapak Surya Wicaksono. Peserta kegiatan diajarkan tentang bagaimana menulis berita yang baik, memilih judul yang menarik, pengambilan gambar serta video yang dilampirkan dalam berita. Banyak juga tips dan trik disampaikan pemateri terkait menulis.

Para siswa SMAHA terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan. Mereka aktif bertanya kepada pemateri. Salah satunya yakni Haritz kelas XII (dua belas) IPS 1, menanyakan apakah ada kode etik pengambilan foto dalam dunia jurnalistik. Kemudian pertanyaan tersebut dijawab oleh Bapak Aji, bahwasanya jika dalam dunia jurnalistik salah satu kode etik pengambilan gambar adalah tidak boleh mengurangi atau menambah sesuatu di objek gambar, serta tidak boleh memanipulasi lokasi peristiwa.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang