Bersih, Indah dan Sehat; SMAN 3 Semarang  Menjadi Juara Sekolah Sehat Tingkat Jawa Tengah

Berhias; bersih, indah, sehat – sepintas menggambarkan kenyamanan suatu tempat bagi para penghuninya. Tentu saja bukan hal mudah untuk mewujudkannya, apalagi untuk sekolah sebesar SMA Negeri 3 Semarang. Dengan tekad menjadi sekolah yang nyaman dan ramah untuk belajar bukan hanya buat warganya, tetapi juga warga sekitar serta para stakeholdernya, Kepala Sekolah bersama staf Wakil Kepala Sekolah, dewan guru, karyawan dan semua siswa bersinergi mewujudkannya. Bermula dari lomba sekolah sehat tingkat Kota Semarang tanggal 15 Agustus sampai dengan 28 September 2022, semua warga sekolah diminta mengambil peran semaksimal mungkin untuk mewujudkan Sekolah Sehat. Setelah melalui visitasi oleh tim penilai yang mengevaluasi empat indikator penilaian; pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehatan, dan manajemen UKS, SMAN 3 Semarang lolos sebagai yang terbaik untuk tingkat SMA Negeri sekota Semarang.

Lolos sebagai yang terbaik di tingkat kota, tantangan lebih besar harus dihadapi di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Untuk lebih menyempurnakan indikator penilaian maka ditingkatkan lagi kualitas kegiatan-kegiatan berikut. Pertama, gerakan makan bersama dengan menu bergizi seimbang; kedua, gerakan minum pil tambah darah sebulan sekali bagi siswa putri; ketiga, gerakan pilah sampah; keempat, pemanfaatan tanaman obat dan pangan, dan terakhir JEMBAR yakni Jemuah Bareng Resik-resik. Di samping itu kerjasama dengan instansi terkait seperti Puskesmas Poncol, Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup yang mana kesemuanya di bawah Pemkot Semarang dilakukanlah: skrining kesehatan, deteksi siswa perokok dengan CO analyzer dan raport kesehatanku. Pemeriksaan laboratorium sampel pangan, orientasi bagi penjamah pangan, dan penilaian laik higiene. Akhirnya dengan kerjasama yang luar biasa dari semua komponen terkait seperti Kepala Sekolah, staff guru dan karyawan serta para siswa, dewan juri, setelah melakukan visitasi tanggal 17 sampai dengan 28 Oktober 2022, menetapkan SMAN 3 Semarang sebagai Sekolah Sehat Terbaik ke-II Provinsi Jawa Tengah.

“Perjuangan menjadi Sekolah Sehat telah usai tetapi usaha melanjutkan kebiasaan untuk  tetap sehat terus berlangsung agar menjadi budaya hidup bersih dan sehat baik di sekolah maupun di luar sekolah.” Begitulah pesan singkat Kepala SMAN 3 Semarang, Drs. Yuwanan, M.Kom., sambil menunjukkan trophy serta hadiah uang pembinaan di hadapan para guru, karyawan dan siswa pada apel pagi 7 Desember 2022.

 

Penulis : Arief, Wakakom SMAN 3 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang